Daerah  

Alun-Alun Sampang Rawan Curanmor, CCTV Tak Berfungsi

Caption: tampak cctv terpasang di pepohonan sekitar Alun-Alun Trunojoyo Sampang, (dok. regamedianews).

Sampang,- Tidak berfungsinya sejumlah Closed Circuit Television (CCTV) yang berada di sisi barat Alun-Alun Trunojoyo Sampang, Madura, Jawa Timur, bagai barang rongsokan dipajang.

Pasalnya, tak berfungsinya cctv yang berada di alun-alun dengan icon karapan sapi tersebut, diketahui pasca pihak kepolisian mengecek peristiwa pencurian sepeda motor.

Bahkan tak genap dua hari, dua unit sepeda motor milik warga Sampang, raib digondol maling. Peristiwa itu terjadi, tepat pada posisi pantauan cctv yang tidak berfungsi, yakni sisi barat utara dan selatan.

Mirisnya, cctv seharga jutaan rupiah dengan kondisi tak berfungsi tersebut, dipajang di beberapa pepohonan sebagai pemanis hiasan Alun-Alun Trunojoyo.

Menyikapi tidak berfungsinya cctv, Arul salah satu pengunjung alun-alun menilai, adanya cctv itu terkesan sebagai barang rongsokan yang dipajang dan tidak ada nilai manfaatnya.

“Jika memang tidak berfungsi dan rusak, seharusnya petugas dari dinas terkait, segera melakukan pengecekan dan perbaikan. Bukan malah dibiarkan” ujar Arul, Senin (29/05/2023) sore.

Terlebih, dalam dua hari ini, telah terjadi pencurian kendaraan bermotor (curanmor) milik pengunjung Alun-Alun Trunojoyo. Ironisnya, ketika pihak kepolisian mengecek cctv di Tempat Kejadian Perkara (TKP), ternyata tidak berfungsi.

“Jadi wajar, kalau pengunjung Alun-Alun Trunojoyo merasa resah jika tidak genap satu pekan sudah dua sepeda motor hilang, itu artinya sudah masuk wilayah rawan kriminalitas,” pungkasnya.

Terpisah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sampang, Faisol Ansori menjelaskan, bahwa pada saat pembangunan Alun-Alun Trunojoyo, ada beberapa CCTV yang diamankan.

“Mulai kemarin sedang diupayakan untuk di pasang kembali. CCTV memang diperlukan untuk mengamankan Sarpras Taman,” pungkas Faisol, dikutip dari salah satu media, saat dikonfirmasi melalu pesan whatsappnya.