Daerah  

Tumpukan Sampah Liar Lengkapi Pasar Omben

Caption: tampak tumpukan sampah berserakan di depan Pasar Omben, (dok. regamedianews).

Sampang,- Selain berbau busuk dan mencemari lingkungan, penempatan bak truk sampah didepan Pasar Tradisional Omben, Sampang, Madura, Jawa Timur, dikeluhkan pengguna jalan.

Pasalnya, selain terkesan permanen bertempat di samping bahu jalan, bak truk sampah milik Dinas Lingkungan Hidup (DLH) itu, kerap sampah bertumpukan hingga berserakan di jalan.

Ironisnya, bak truk sampah tersebut tidak hanya dijadikan tempat pembuangan sampah pasar, melainkan juga menjadi ajang pembuangan sampah warga setempat.

“Seharusnya bak truk sampah itu tidak ditempatkan didepan pasar, tapi ditempatkan di lokasi yang strategis,” ujar Matpi’ih warga Omben, Selasa (30/05/2023) pagi.

Sehingga, kata Matpi’ih, pengguna jalan tidak merasa terganggu dan lingkungan warga setempat, tidak tercemari dampak tumpukan sampah pasar maupun sampah liar tersebut.

“Apalagi disaat hari pasaran, samping kanan kiri bak truk malah ditempati para pedagang kaki lima (PKL), akibatnya kepadatan dan kemacetan kendaraan pasti terjadi,” pungkasnya.

Sementara itu, Amir Kepala Pasar Omben mengaku, jika sampah didepan pasar tersebut kebanyakan bukan sampah pasar, melainkan sampah liar dari warga sekitar.

“Sedangkan sampah pasar sendiri, dibuang ditempat sampah yang sudah disediakan, yakni di belakang pasar. Kami sudah beberapa kali menghimbau warga,” ujar Amir.

Bahkan, ungkap Amir, pihaknya sudah mengusulkan saat ada rapat konsolidasi tentang Pasar Omben, agar petugas sampan dari dinas terkait menambah jadwal pengangkutan sampah.

“Kami sudah minta, agar sampah di bak truk didepan pasar dibuang tiga kali dalam satu pekan, agar tumpukan sampahnya tidak menggunung dan menganggu,” tandasnya.

Selain itu, imbuh Amir, pihaknya juga sudah mengusulkan agar lokasi bak truk sampah, dipindah ke lokasi atau tempat yang strategis, yakni di sisi barat pasar dan tidak memakan bahu jalan.

Terpisah, Kabid Sampah Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sampang, Arif mengatakan, pihaknya siap untuk memindahkan bak truk sampah tersebut, asal ada tempat strategis.

“Siap dipindah bak truk sampahnya, asalkan tidak menyulitkan petugas untuk bongkar muat sampah. Tentunya harus ada persetujuan dari Kepala Pasar setempat,” pungkas Arif.