Warga Bangkalan Dihebohkan Penemuan Buaya

Caption: satu ekor buaya berukuran besar berhasil ditangkap, (dok. regamedianews).

Bangkalan,- Warga Mlajah Bangkalan Madura Jawa Timur, dihebohkan dengan penemuan buaya berukuran besar ditempat penjaringan ikan, Rabu (15/05/2024) kemarin.

Buaya diperkirakan berbobot 100 kg tersebut, ditemukan nelayan sekira pukul 21:00 wib, saat jaring yang dipasang di rawa sekitar Perum Graha Mentari hendak diangkat.

Menurut Ahmad Romadhon salah satu warga Mlajah mengaku, saat itu dirinya menaruh jaring ikan seperti biasa ditempat dirinya menangkap ikan.

“Melihat ada buaya nyangkut di jaring, nelayan itu meminta tolong warga untuk menangkap. Kami sempat kesulitan, karena lokasinya berlumpur,” ujarnya.

Ia menyebut, proses penaklukan buaya muara ini membutuhkan waktu hampir 1 jam. Pasalnya, tidak satu pun warga yang memiliki keahlian dalam menangkap atau menaklukkan predator itu meski beramai-ramai.

“Tenaganya cukup kuat, meronta-ronta saat mau diikat. Baru kali ini saja ada buaya, sebelumnya hampir tidak pernah ada nelayan atau warga yang melihat atau menemukan,” paparnya.

Sementara itu, Pengendali Ekosistem Madya BKSDA Jatim, Dani Triadi menyatakan, pihaknya berencana melakukan penelusuran di lokasi ditemukannya buaya muara oleh nelayan.

“Kami khawatir masih ada buaya lain yang bersarang. Selama ini belum pernah ada buaya muncul, bahkan setahu kami Madura bukanlah habitat dari buaya. Secara tiba-tiba muncul di Bangkalan, makanya perlu diantisipasi,” ujarnya.

Dikatakan olehnya, buaya muara yang ditemukan warga sementara akan dievakuasi ke kandang transit BKSDA Jatim, untuk kemudian diidentifikasi lalu dikembalikan atau dilepasliarkan ke habitatnya.

“Kita evakuasi untuk diselamatkan, nanti akan kami identifikasi dulu apakah layak untuk dilepasliarkan kembali dan lokasi mana yang cocok untuk habitatnya,” pungkasnya.