Daerah  

Kapolres Gorut: Hukum Tidak Tumpul Ke Atas dan Tajam Ke Bawah

Caption: Kapolres Gorontalo Utara AKBP Andik Gunawan, (dok. regamedianews).

Gorut,- Kapolres Gorontalo Utara (Gorut), AKBP Andik Gunawan menegaskan, hukum tidak tumpul ke atas dan tajam ke bawah, seperti opini yang telah terbangun dan berkembang di tengah masyarakat.

Hal ini diungkapkan Andik, saat kegiatan Jumat Curhat yang dilaksanakan Polres Gorut di Desa Dambalo, Kecamatan Tomilito, Kabupaten Gorut, Jumat (07/06/2024).

Andik menjelaskan, dengan melihat realita yang terjadi di lapangan, hukum hanya tumpul ke atas dan tajam ke bawah, hanyalah opini yang dibangun ditengah masyarakat.

“Hanya saja, di Indonesia ini hukum memberikan hak kepada siapapun untuk membela diri, sebelum ada keputusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap, dan menyatakan dirinya bersalah,” ujarnya.

“Ini yang dalam konteks hukum disebut dengan asas praduga tak bersalah,” jelas Andik.

Imbuh Andik, semua warga negara dapat tersentuh oleh hukum tanpa terkecuali, dan penerapannya pun harus memenuhi rasa keadilan bagi semua pihak.

“Baik yang menjadi korban, maupun yang diduga melanggar hukum sesuai dengan asas dan norma hukum yang berlaku,” tandasnya.

Sehingganya, ia mengajak sekaligus menghimbau kepada semua pihak termasuk kepada masyarakat, untuk menempatkan hukum itu pada tempat yang paling tinggi.

“Tidak boleh bertindak main hakim sendiri, yang nantinya jangan sampai justru akan merubah niat baik kita di mata hukum,” pungkasnya.

..