Ragam  

Laskar Trunojoyo Tampilkan Pesona Reog Barongan di Festival Antar Bangsa

Caption: penampilan tim seni Laskar Trunojoyo tunjukkan tarian reog barong, (dok. regamedianews).

Surabaya,- Dalam sebuah pertunjukan yang memukau di Festival Reog Barong Antar Bangsa 2024, Tim Seni “Laskar Trunojoyo” dari Universitas Trunojoyo Madura (UTM) berhasil menarik perhatian dunia.

Acara yang berlangsung dari tanggal 6 hingga 8 Juni di Keraton Mbah Anang, Muar Johor, Malaysia, ini melihat tim UTM tampil sebagai pembuka dengan gerakan tari yang megah, Minggu (09/06/24).

Festival tersebut, merupakan bagian agenda tahunan Kementerian Pelancongan dan Kebudayaan Malaysia, menjadi saksi bahwa Reog Barongan warisan budaya Indonesi yang dapat mempesona penonton internasional.

Tim “Laskar Trunojoyo” tidak hanya menampilkan tarian indah, tetapi juga berpartisipasi dalam diskusi budaya dengan akademi pencak silat pendekar Temasek di Singapura.

Wakil Rektor bidang kemahasiswaan UTM, Surokim Abdussalam menyatakan, rasa bangga dan mengapresiasi partisipasi tim dalam festival tersebut.

“Kegiatan muhibah budaya ini, merupakan wujud kepedulian kami dalam pelestarian dan pengenalan budaya Indonesia di kancah internasional,” ujar Surokim.

Tim Laskar Trunojoyo berhasil menyampaikan pesan dan gerakan tari yang menggambarkan keindahan dan kekayaan budaya Indonesia, menarik perhatian dari masyarakat setempat hingga para pemerhati budaya.

“Kami siap untuk terus berkolaborasi dan bekerjasama, dalam memajukan budaya ini ke masyarakat internasional,” pungkas Surokim.

Partisipasi tim ini dalam Festival Reog Barong Antar Bangsa 2024, tidak hanya menjadi kebanggaan bagi Universitas Trunojoyo Madura.

Akan tetapi, imbuh Surokim, juga langkah penting dalam memperkenalkan dan melestarikan budaya Indonesia di mata dunia.

“Kolaborasi lintas negara, diharapkan dapat terus memperkaya dan memajukan kekayaan budaya Indonesia di tingkat internasional,” pungkasnya.

..