Hadiri Penamatan Siswa, Kadispen Gorut Apresiasi SMP Muhamadiyah Kwandang

Caption: pose bersama Kadispen Gorut saat hadiri penamatan di SMP Muhamadiyah Kwandang, (dok. regamedianews).

Gorut,- Kepala Dinas Pendidikan (Kadispen) Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut), Irwan Abudi Usman mengapresiasi komitmen SMP Muhamadiyah Kwandang, dalam memajukan pendidikan di Kabupaten Gorut.

Hal ini diungkapkan Irwan, saat menghadiri acara Penamatan dan Ramah Tamah Peserta Didik Kelas IX Tahun Pelajaran 2023-2024, SMP Muhamadiyah Kwandang Angkatan 66, di halaman SMP Muhamadiyah Kwandang, Senin (10/06/2024).

Menurut Irwan, selain menurut penilaiannya memiliki komitmen memajukan pendidikan di Kabupaten Gorut, SMP Muhamadiyah Kwandang juga meski di bawah naungan Yayasan, mampu menjalin hubunga kebersamaan dengan pemerintah daerah melalui Dinas Pendidikan Kabupaten Gorut.

“Khususnya, dalam mensuport proses pembelajaran. Kita bisa buktikan hal ini, dalam kolaborasi setiap penanganan persoalan yang ada di sekolah ini, selalu dari Yayasan, pimpinannya selalu berkoordinasi dengan kita,” tutur Irwan.

Lanjut Irwan, sikap dari pihak Yayasan itu menandakan, mereka membangun lembaga pendidikan SMP Muhamadiyah Kwandang, tidak mengenyampingkan kebijakan pengelolaan pendidikan di Kabupaten Gorut.

“Artinya, di sini terjadi kolaborasi konsep pengembangan pendidikan. Hal-hal seperti ini lah yang menurut kita sangat baik sekali, sehingga patut kita apresiasi yang mendalam,” ujar Irwan.

Apalagi kata Irwan, rata-rata siswa tamatan SMP Muhamadiyah Kwandang mempunyai presentase melanjutkan ke jenjang selanjutnya 100%.

“Berarti konsep pengembangan pendidikan SMP Muhamadiyah di bawah naungan Yayasan Muhamadiyah, memang betul-betul memiliki konsistensi bagaimana keberlanjutan pendidikan siswanya setelah lulus SMP. Bahkan, sudah diidentifikasi awal dia akan melanjutkan ke sekolah mana. Nah artinya, peserta didik itu bukan cuman lulus begitu saja, diantar oleh sekolah sampai ke jenjang pendidikan selanjutnya,” tutup Irwan.

Sementara itu, Kepala SMP Muhamadiyah Kwandang, Silvanova Mantulangi mendorong para siswa yang kini telah berhasil menyelesaikan pendidikan di SMP Muhamadiyah, tidak hanya bisa mendapatkan ijazah sekolah menengah pertama, tetapi juga bisa berhasil mendapatkan ijazah sekolah menengah atas.

“Alhamdulillah, di SMP Muhamadiyah Kwamdang, siswa yang terdaftar untuk ikut ujian asesemen berjumlah dua puluh orang, dan dua puluh orang itu berhasil dinyatakan lulus, dengan surat keterangan kelulusan yang Alhamdulillah, hari ini telah diserahkan,” jelas Silvanova, Senin (10/06/2024).

Terakhir Silvanova mengucapkan terima kasih kepada Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Gorut, Irwan Abudi Usman, yang telah mendukung dan mengapresiasi. SMP Muhamadiyah Kwandang.

“Disampaikan oleh Pak Kepala Dinas, acara kami ini tidak bisa disebut sederhana, tapi sangat memuaskan. Beliau mengapresiasi acara ini bisa dihadiri oleh beliau, Ketua Yayasan Muhamadiyah Kabupaten Gorut, para Kepala Sekolah se Kecamatan Kwandang dan para sesepuh pendidikan, dan saya sangat berterima kasih atas apresiasi itu,” pungkasnya.

..