Daerah  

Kapolres Sampang Imbau Warga Pantura Ciptakan Pilkada Damai

Caption: Kapolres Sampang didampingi Kapolsek Sokobanah saat kunker dan silaturahmi dengan tokoh ulama serta tokoh masyarakat, (dok. Humas Polri).

Sampang,- AKBP Hendro Sukmono menghimbau warga Pantura Sampang, Madura, Jawa Timur, untuk menciptakan Pilkada 2024 berjalan damai.

Hal itu disampaikan, saat kunjungan kerja (kunker) di Kecamatan Banyuates, Ketapang dan Sokobanah, Jumat (06/09) kemarin.

Dalam kunkernya di setiap kecamatan, orang nomor satu di Mapolres Sampang ini, selalu menyampaikan himbauan tersebut.

“Kami mengajak elemen masyarakat Pantura, menjaga kondusifitas wilayah disetiap pentahapan Pilkada agar berjalan aman,” ujar Hendro.

Tidak hanya itu, hal serupa juga disampaikan kepada forkopimcam, tokoh ulama, tokoh masyarakat dan penyelenggara Pilkada.

“Diimbau untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi gangguan Kamtibmas, seperti hoax, isu sara serta provokasi,” tandasnya.

Menurut Hendro, perbedaan pandangan, sikap dan pilihan merupakan hal yang sangat wajar dalam demokrasi.

“Akan tetapi, seluruh masyarakat harus saling hormat menghormati perbedaan tersebut,” tegas mantan Kasat Reskrim Polrestabes Surabaya.

Hal itu, imbuh Hendro, agar tidak terjadi perpecahan yang menimbulkan gangguan Kamtibmas, bahkan mengakibatkan konflik sosial.

“Untuk mengantisipasi gangguan Kamtibmas pada tahun politik, kami didukung unsur TNI dan stakeholder terkait,” pungkasnya.

Sementara, Kasi Humas Polres Sampang Ipda Dedy Dely Rasidie menambahkan, pada momen Pilkada ini, mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif.

“Hal ini didukung penegakan hukum, apabila ditemukan tindak pidana Pemilu maupun tindak pidana umum yang mengganggu jalannya Pilkada,” tegasnya.

Oleh karena itu, imbuh Dedy, diakhir kunker Kapolres Sampang, mengajak masyarakat mendoakan Pilkada berjalan aman, damai, sejuk dan kondusif.