Daerah  

Pj Bupati Bangkalan Serahkan Santunan BPJS Ketenagakerjaan

Caption: Pj Bupati Bangkalan (Arief M. Edie) didampingi Kepala BPJamsostek Madura (Indriyatno) menyerahkan santunan JKM, JHT dan Beasiswa.

Bangkalan,- Pj. Bupati Kabupaten Bangkalan menyerahkan santunan Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Hari Tua (JHT), serta beasiswa dari BPJS Ketenagakerjaan kepada Mohammad Mustofa yang merupakan suami serta ahli waris Yulistiana Ningsih THL Dinas Sosial Bangkalan.

Di acara penyerahan Bantuan Sosial (Bansos) Asistensi Sosial Penyandang Disabilitas (ASPD) di halaman Pendopo Agung Pratanu, Kamis (03/10/24), Pemkab setempat memberikan santunan kepada perwakilan 10 penerima Bantuan Sosial (Bansos) Asistensi Sosial Penyandang Disabilitas (ASPD) Provinsi Jawa Timur dan kepada 1 ahli waris Tenaga Harian Lepas (THL) Dinas Sosial Kabupaten Bangkalan.

Santunan dari BPJS Ketenagakerjaan tersebut secara simbolis diserahkan Pj. Bupati Kabupaten Bangkalan, Dr. Arief M. Edie.

“Sekalian kita serahkan juga jaminan dari BPJS Ketenagakerjaan pada ahli waris THL di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bangkalan yang meninggal dunia,” tutur Arief.

Ia berharap bantuan yang diberikan tersebut bisa membantu dan lebih meringankan beban keluarga penerima.

Kepala BPJamsostek Madura Indriyatno mengatakan, santunan tersebut merupakan wujud perhatian Pemkab Bangkalan atas dasar pengabdian almarhumah Yulistiana Ningsih yang semasa hidupnya bekerja sebagai Tenaga Harian Lepas (THL) Dinas Sosial Kabupaten Bangkalan.

“Almarhumah tersebut sejak Januari 2018, telah didaftarkan Pemerintah Kabupaten Bangkalan melalui Dinas Sosial Kabupaten Bangkalan ke BPJS Ketenagakerjaan,” ungkapnya.

Almarhumah meninggal dunia karena sakit, sehingga ahli warisnya diberikan santunan Jaminan Kematian (JKM) sebesar Rp 42.000.000,-, santunan Jaminan Hari Tua (JHT) sebesar Rp 9.330.672.

Selain itu, diberikan beasiswa kepada satu orang anak yang masih mengenyam pendidikan di bangku SMP Kelas 3 maksimal Rp 59.000.000,- pembayaran beasiswa ini masih terus dibayarkan sampai saat ini sampai dengan selesai pendidikan.

Dalam kesempatan itu, Indriyatno menyampaikan terima kasih atas kebijakan Pemkab Bangkalan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan para pekerja.

“Khususnya ekosistem dinas sosial yang mana perlu mendapat perhatian khusus dan dalam rangka pengentasan kemiskinan ekstrim,” ucapnya.

“Kami juga mengucapkan terima kasih pada Dinas Sosial Kabupaten Bangkalan yang selalu mendukung seluruh program dan kegiatan BPJamsostek terkait jaminan sosial ketenagakerjaan ekosistem dinas sosial.” tambah Indriyatno.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Asisten 1 Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Ismed Effendy, dan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bangkalan Wibagio Suharta.

Turut hadir, pimpinan Cabang Bank Jatim Bangkalan Achmad Riyan Fatri yang mana sebagai Bank Penyalur Bantuan Sosial (Bansos) Asistensi Sosial Penyandang Disabilitas (ASPD) dan Pendamping Disabilitas beserta Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK).

Indriyatno menyampaikan, kolaborasi BPJamsostek Madura dengan Dinas Sosial Kabupaten Bangkalan, baik dalam perluasan kepesertaan maupun semua kegiatan BPJamsostek diharapkan terus berlanjut.

“Karena kolaborasi dan sinergi tersebut, manfaat program BPJS Ketenagakerjaan telah banyak dirasakan masyarakat di Kabupaten Bangkalan,” pungkasnya.