Daerah  

Puskesmas Robatal Gencar Screening PTM dan Posyandu Balita

Caption: Screening PTM dan Posyandu Balita oleh Puskesmas Robatal.

Sampang || Rega Media News

UPTD Puskesmas Robatal, Kecamatan Robatal, Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, gencar melakukan screening PTM (Penyakit Tidak Menular) dan Posyandu pada balita di Dusun Melkok Barat, Desa Bapelle.

Kegiatan tersebut hasil kerja-sama dengan lintas sektor, untuk meningkatkan Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) yang berorientasi kepada upaya promotif dan preventif, dalam pengendalian penyakit tidak menular.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Puskesmas Robatal dr. Elmira Rizkia Febriyanti mengatakan, sasaran screening PTM di Desa Bapelle sebanyak 40 orang.

Screening dari 40 orang itu diantaranya, tinggi badan, berat badan lingkar perut dan pemeriksaan Glukosa Darah Acak (GDA) sewaktu asam urat dan kolesterol.

“Sasaran kegiatan inipun terkait upaya peningkatan masalah status gizi, membantu kesehatan ibu hamil Beresiko Tinggi (RESTI), program KEK (Kekurangan Energi Kronis), dan Anemia,” ujar dr. Elmira kepada media ini, Senin (18/07/2022).

dr. Elmira menambahkan, dalam kegiatan tersebut para petugas puskesmas akan melakukan sosialisasi interaktif dan melakukan pemeriksaan kesehatan kepada masyarakat.

“Untuk itu, diharapkan masyarakat bisa datang ke posyandu setiap bulannya agar para petugas bisa menangani permasalahan kesehatan yang ada pada pasien,” harapnya.