Dua Rumah di Aceh Selatan Ambruk Usai Diterjang Banjir

Caption: sejumlah warga mengevakuasi harta benda di rumah rusak akibat banjir.

Aceh Selatan || Rega Media News

Dua unit rumah warga di Kabupaten Aceh Selatan rusak parah akibat diterjang banjir dan tanah longsor yang melanda daerah tersebut, Kamis (1/9/22).

Kedua rumah tersebut terletak di Gampong Batte Tunggai Kecamatan Sama Dua dan Gampong Hilir Kecamatan Tapak Tuan, Kabupaten Aceh Selatan.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), Ilyas mengatakan, jumlah korban terdampak banjir di Gampong Batai Tunggai Kecamatan Samadua sebanyak satu kepala keluarga (KK) yang terdiri enam Jiwa. Sedangkan diakibatkan oleh longsor di Gampong Hilir, Kecamatan Tapak Tuan juga berjumlah satu KK terdiri dua jiwa.

“Jumlah pengungsi masih dalam pendataan, dan tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini.” kata Ilyas, Kamis (1/9).

Dikatakan Ilyas, hingga kini petugas sedang melakukan pendataan di lokasi kejadian. Dari laporan terakhir yang diterima Pusdalops BPBA menyebutkan, bahwa air masih belum surut namun smasih menggenangi pemukiman warga.

“Kita masih menunggu data lengkap, karena petugas di lapangan sedang mendata,” sebutnya.

Ilyas juga mengimbau, supaya warga waspada akan kemungkinan semakin tingginya air, sehingga segera melakukan pengungsian ketempat yang lebih tinggi dan aman.

“Sekarang masih hujan, kita khawatir ketinggian air semakin tinggi, kita imbau warga untuk waspada,” tambahnya.

Diketahui hujan deras yang mengguyur Kabupaten Aceh Selatan menyebabkan Daerah Aliran Sungai (DAS) meluap. Akibatnya, tiga kecamatan di daerah tersebut terendam banjir.