Daerah  

Seraya Fest 2022, Ekonomi, Bisnis dan Sosial

Caption: Konferensi Pers kegiatan Seraya Fest oleh Ketua HIMPI Bangkalan ( Zhavira Ayu Ratri Aldania).

Bangkalan || Rega Media News

Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kabupaten Bangkalan, Madura dorong pengembangan iklim bisnis dari kalangan UMKM dan pengusaha pemula di Madura bangkit.

Dukungan itu di gelorakan BPC Hipmi Bangkalan melalui kegiatan SERAYA FEST 2022 (Se-Madura Raya Festival 2022). Kegiatan tersebut terlaksana secara berkala dari bulan Agustus hingga sampai akhir tahun 2022.

Ketua BPC Hipmi Bangkalan, Zhavira Ayu Ratri Aldania mengatakan, Seraya Fest merupakan singkatan kata dari Se-Madura Raya Festival. Menurutnya, kegiatan ini adalah agenda baru yang dilaksanakan oleh BPC HIPMI Bangkalan.

“Seraya Fest merupakan acara berskala Madura Raya yang ingin menjadi kegiatan tahunan. Dengan tujuan mempertemukan para pelaku bisnis dari berbagai kalangan UMKM atau segala bidang jasa,” katanya, Kamis, (01/09/22).

Selain itu, Ayu menuturkan, kegiatan ini bertujuan untuk membantu para pelaku
usaha membangun iklim bisnis yang lebih kuat.

“Diharapkan dapat membantu percepatan kemajuan ekonomi di daerah sampai ke pusat dengan cara membuka akses peluang pengusaha muda,” ujarnya.

Menurutnya, peserta Seraya Fest akan mendapat pendampingan serta pembinaan pengembangan usaha. Melalui langkah ini diharapakan bisa mendatangkan investor sebagai akses pemodalan bagi pengusaha muda.

“Dengan begitu maka diharapkan dapat membuka lowongan pekerjaan bagi masyarakat Madura,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Muhammad Amir Arslan menjelaskan, SERAYA FEST 2022 memiliki tiga poin pokok kegiatan yakni ekonomi, bisnis, dan sosial.

“Untuk kategori ekonomi meliputi HIPMI Jobfair, Beauty Class dan penampilan hiburan kebudayaan yang bertujuan untuk mengembangkan, mengenalkan, dan mempresentasikan budaya Madura terhadap masyarakat,” jelasnya.

Kategori bisnis dikatakan Amir, antara lain Madura Business Plan Competition, HIPMI Talk, Business Investment Matching, dan Pameran Kreatif.

“Dengan tujuan untuk mengembangkan dan mencetak entrepreneur yang ada di Madura sehingga dapat menjadi pengusaha yang luar biasa,” tuturnya.

Sementara kategori sosial pihaknya memiliki Program Pengusaha Peduli, program untuk memberikan bantuan terhadap masyarakat yang membutuhkan.

“Sasaran Seraya Fast yaitu Pelaku usaha muda di Pulau Madura, kemudian akademisi meliputi program kewirausahaan di SMA, SMK, dan Perguruan Tinggi. Serta Organisasi Bisnis dan Ikatan Keluarga Madura (IKAMA), serta Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN),” pungkasnya.