Daerah  

Tingkatkan Sinergitas TNI Polri, Ciptakan Kamtibmas Kondusif

Caption: saat berlangsungnya apel gabungan personel Koramil 0828/01 Sampang dan personel Polsekta Sampang, dalam meningkatkan sinergitas TNI Polri, (dok. regamedianews).

Sampang,- Sinergitas dan soliditas TNI Polri di Kabupaten Sampang, Jawa Timur, terus ditingkatkan, seperti dilakukan Kepolisian Sektor Kota (Polsekta) jajaran Kepolisian Resor (Polres), dan Komando Rayon Militer (Koramil) 01 jajaran Komando Distrik Militer (Kodim) 0828 Sampang.

Untuk memperkuat sinergitas dan soliditasnya, personel Polsekta Sampang dan personel Koramil 0828/01 Sampang, rutin menggelar apel bersama yang dipimpin langsung Kapolsekta AKP Tomo dan Danramil Kapten Inf M.Suni, kemudian dilanjutkan kegiatan patroli.

“Apel gabungan tersebut, rutin dilakukan setiap satu bulan sekali, dilaksanakan di halaman Makoramil dan Mapolsekta Sampang secara bergantian, tujuannya untuk memperkokoh sinergitas dan soliditas TNI Polri,” ujar Danramil 0828/01 Sampang Kapten Inf M.Suni, Sabtu (10/06/2023).

Mantan Danramil 0828/04 Torjun ini mengungkapkan, saat apel gabungan tersebut, secara bergantian ia menyampaikan arahan kepada anggotanya, untuk terus menjaga hubungan kerja yang harmonis serta bersinergi dalam menjaga kondusifitas, khususnya di wilayah Sampang kota.

“Saya instruksikan Babinsa agar bersinergi dengan Bhabinkamtibmas, dalam mewujudkan situasi Kamtibmas yang aman kondusif, diantaranya dengan cara berpatroli dialogis dan intens komunikasi, sehingga masyarakat benar-benar merasakan aman, serta dijauhi hal-hal tidak diinginkan,” tandas M.Suni.

Sementara itu, Kapolsekta Sampang AKP Tomo menambahkan, dirinya menginstruksikan kepada Bhabinkamtibmas, agar selalu memberikan imbauan kepada masyarakat, untuk tidak melakukan hal-hal yang melanggar hukum, atau kegiatan membahayakan jiwa.

“Diantaranya, penyalahgunaan narkoba maupun perbuatan bersifat kriminalitas. Maka dari itu, dengan adanya apel gabungan tersebut, untuk memantapkan kerjasama dengan stakeholder, menyatukan visi misi pengamanan dan pemeliharaan Kamtibmas,” tegas Tomo.

Perwira berpangkat tiga balok emas dipundaknya ini berharap, masyarakat mendukung Polsek Sampang dan Koramil 0828/01, dalam memelihara Kamtibmas dilingkungan sekitar, dengan mengaktifkan kembali Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling).

“Karena, selain mengamankan lingkungan, Siskamling juga bisa meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan antar warga. Kendati demikian, apabila mengetahui adanya kejadian gangguan Kamtibmas di lingkungannya, agar cepat menghubungi Bhabinkamtibmas atau Babinsa,” pungkas Tomo.