Daerah  

TMMD Kodim 0828 Sampang, Tingkatkan Wawasan Kebangsaan & Bela Negara

Caption: bentangkan bendera merah putih usai penyuluhan wawasan kebangsaan di lokasi TMMD, Desa Pasarenan, Kedungdung, Sampang, (dok. regamedianews).

Sampang,- Satuan Tugas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Imbangan ke-117 Kodim 0828 Sampang, memberikan penyuluhan dalam rangka menggelorakan dan meningkatkan wawasan kebangsaan, serta kesadaran bela negara.

Sasaran penyuluhan tersebut adalah masyarakat Desa Pasarenan, Kecamatan Kedungdung, Kabupaten Sampang, terutama warga di sekitar wilayah jalan di rambat beton yang menjadi pusat pelaksanaan TMMD.

“Penyuluhan yang merupakan bagian dari kegiatan TMMD program non fisik itu, difokuskan pada materi cinta tanah air, pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika,” ujar Pasiter Kodim 0828 Sampang, Kapten Inf Darminto di Posko TMMD, Kamis (20/07/2023).

Materi tersebut, kata Darminto, guna terus meneguhkan kecintaan terhadap Indonesia, termasuk dalam mengamalkan nilai-nilai pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika.

“Apalagi, kondisi masyarakat sangat beragam, mulai dari suku yang mendiami, agama yang dianut hingga kehidupan budaya dan sosial,” ungkapnya kepada awak media.

Untuk itu, imbuh Darminto, diperlukan pengamalan nilai-nilai pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika. Bahwa meski keberagaman yang merupakan anugerah tuhan yang harus dijaga, dirawat dan dilestarikan.

“Dengan begitu, maka Kecamatan Kedungdung akan selalu damai, aman, nyaman dan tentram serta jauh dari ancaman konflik dalam kehidupan bermasyarakat,” tandas Pasiter.

Ia menegaskaan, budaya memiliki tanggung jawab, atas seluruh perbendaharaan perilaku komunikatif dan makna yang dimiliki setiap orang mewujudkan Bhinneka Tunggal Ika, pada masyarakat Indonesia juga menemui tantangan.

“Program bela negara saat ini kembali digalakkan, karena sangat penting diterapkan di seluruh lapisan masyarakat,” pungkas Darminto.