Golkar Jatim Optimis Satu Kursi DPRD Perdapil di Madura

Caption: Ketua DPD Partai Golkar Jawa Timur bersama Ketua DPC se-Madura, usai pertemuan dengan calegnya, di aula Hotel Camplong, Sampang, (dok. regamedianews).

Sampang,- Dalam pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang, Partai Golkar Provinsi Jawa Timur optimis bisa memperoleh satu kursi DPRD di setiap Daerah Pemilihan (Dapil) di Madura Raya.

Hal itu dikatakan Muhammad Sarmuji ketua DPD Golkar Jawa Timur, usai acara pertemuan dan pelepasan calon legislatif Partai Golkar se-Jawa Timur dan DPR RI Dapil XI (Madura Raya).

Kegiatan berlangsung khidmat tersebut, dilaksanakan di aula Hotel Camplong, Sabtu (02/09/2023) siang, dihadiri ketua DPC Partai Golkar Sampang KH. Muhammad Bin Muafi Zaini.

Selain itu, hadir langsung anggota Bawaslu Jawa Timur, pengurus DPD Golkar Jawa Timur, seluruh ketua serta pengurus DPC Partai Golkar se Madura, dan Calon Legislatif (Caleg) Partai Golkar.

“Target kami, Partai Golkar Jawa Timur bisa memperoleh minimal satu kursi di setiap dapil, bahkan kami optimis kursi legislatif dapil Madura bertambah dan satu kursi DPR RI,” ujar Sarmuji.

Disisi lain, dalam sambutannya Sarmuji menyampaikan, dirinya mengajak seluruh Caleg untuk memenangkan Partai Golkar pada Pemilu serentak tahun 2024 mendatang.

Manurut Sarmuji, pada zaman dahulu, saat masih menggunakan sistem proporsional tertutup, tanggung jawab pemenangan sepenuhnya menjadi tanggung jawab partai politik.

“Namun, saat ini yang berlaku adalah sistem Pemilu proporsional terbuka, sehingga peran Caleg sangat besar,” ungkapnya.

Orang nomor satu di lingkungan DPD Partai Golkar Jawa Timur tersebut juga menyampaikan, saat ini masyarakat lebih memilih Caleg dari pada Partai Politik (Parpol).

“Masyarakat Jawa Timur yang memilih Parpol hanya 23%. Oleh karena itu perolehan suara Caleg, sangat berpengaruh dalam pemenangan Pemilu 2024,” tandasnya.

Maka dari itu, ungkap Sarmuji, langkah Partai Golkar dalam pemenangan Pemilu mendatang, tidak boleh memindah Caleg incumbent, tanpa ada persetujuan ketua DPD.

“Akan tetapi harus mencari caleg-caleg potensial, untuk bergabung dengan Partai Golkar,” tegas Sarmuji.

Bahkan, pihaknya meminta semua Caleg untuk membentuk jaringannya sendiri dan jangan merebut jaringan sesama Caleg Partai Golkar, dan Meminta seluruh Caleg saling bersinergi.

“Mereka para Caleg harus bersinergi, antara Caleg DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten, agar saling bahu membahu untuk memperoleh suara,” pungkasnya.

Sekedar diketahui, sebelum selesainya acara pertemuan dan pelepasan Caleg Partai Golkar se-Jawa Timur dan DPR RI Dapil XI, setiap ketua DPC Partai Golkar di Madura memperkenalkan para Calegnya.