Itwasum Polri Akan Audit Kinerja Polda Gorontalo

Caption: Irwasum Polri Komjen Pol H. Ahmad Dofiri, (dok. regamedianews).

Gorontalo,- Inspektorat Pengawasan Umum Polri (Itwasum) Polri, akan mengaudit kinerja Polda Gorontalo Tahap II Tahun Anggaran 2024, selama beberapa waktu kedepan.

Hal ini, diawali dengan dilaksanakannya acara pembukaan Taklimat Awal Audit Kinerja, dipimpin langsung Inspektur Pengawasan Umum (Irwasum) Polri, Komjen Pol H. Ahmad Dofiri, di Aula Titinepo Polda Gorontalo, Rabu (19/06/2024).

Komjen Pol H. Ahmad Dofiri mengungkapkan, taklimat awal sebagai momen evaluasi dan introspeksi bagi jajaran kepolisian.

Ia menggarisbawahi beberapa poin penting yang harus menjadi perhatian, seperti peningkatan profesionalisme, transparansi dalam pelaksanaan tugas, serta kedekatan dengan masyarakat.

Taklimat awal ini bukan hanya formalitas, tetapi sebuah langkah strategis, untuk memastikan setiap anggota Polri menjalankan tugasnya dengan baik dan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.

“Saya berharap, melalui kegiatan ini, kita bisa menemukan solusi atas berbagai tantangan yang dihadapi di lapangan,” ungkap Ahmad.

Jenderal bintang tiga itu mengatakan, transformasi di lingkungan Polri mharus betul-betul diperhatikan, sebab jika tidak, Polri akan ketinggalan kereta.

“Untuk itu, terus tingkatkan kinerja Polda Gorontalo,” tegasnya.

Ia berharap, melalui taklimat awal ini merupakan kesempatan emas, untuk memperbaiki kekurangan dan menyusun langkah-langkah strategis, guna menghadapi tantangan kedepan.

Sementara itu, Kapolda Gorontalo, Irjen Pol Pudji Prasetijanto menuturkan, pelaksanaan audit terhadap kinerja Polda Gorontalo, sangat membantu dirinya dalam melakukan scanning atas “kesehatan Polda Gorontalo”.

“Sehingga dapat segera dilakukan perbaikan dengan lebih fokus serta lebih terarah,” ujarnya.

Pudji meminta, Kasatker menyiapkan segala sesuatu yang diperlukan saat pelaksanaan audit, dan memperhatikan petunjuk-petunjuk yang diberikan Tim Auditor, sehingga kegiatan itu dapat berjalan dengan lancar dan tertib.

“Kami mohon saran dan masukan atas temuan yang ada. Bilamana terdapat temuan yang menonjol, agar kiranya tim dapat konsultasi dan mengkomunikasikan melalui Irwasda, guna ditindaklanjuti oleh para Kasatker dan Kapolres jajaran,” pinta Pudji.

Pudji menambahkan, Polda Gorontalo siap untuk melaksanakan setiap arahan, dan rekomendasi yang akan diberikan oleh Irwasum Polri.

“Kami juga berkomitmen, untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, dan menjamin keamanan serta ketertiban di wilayah Gorontalo,” tandasnya.