Pasangan Manfaat Ajak Warga Jaga Tradisi “Cocoghen” Dalam Perayaan Maulid di Bangkalan

Caption: paslon bupati dan wakil bupati Bangkalan, Lukman-Fauzan, turut serta dalam perayaan 'Cocoghen' di Masjid Syaichona Kholil, Martajasah, (dok. regamedianews).

Bangkalan,- Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Bangkalan, Lukman Hakim – Fauzan Jakfar menegaskan, berkomitmen terhadap pelestarian tradisi lokal dengan aktif berpartisipasi dalam perayaan Cocoghen, untuk menyambut bulan maulid Nabi Muhammad SAW.

Acara tersebut berlangsung di Masjid Syaichona Kholil, Martajasah, Bangkalan, Madura, Rabu (04/09/24) malam, dan menarik ribuan jamaah, tokoh kiai serta keluarga Bani Kholil.

Dalam kesempatan tersebut, Lukman-Fauzan tampak berbaur dengan masyarakat setempat, mengikuti seluruh rangkaian kegiatan perayaan, termasuk pembacaan sholawat dan doa bersama.

Kehadiran mereka tidak hanya menambah semarak acara, tetapi juga menunjukkan keseriusannya, dalam menghargai dan melestarikan tradisi ‘Cocoghen’ yang telah menjadi bagian integral dari masyarakat Bangkalan.

Lukman Hakim calon bupati menegaskan, pentingnya bulan maulid sebagai waktu, untuk merenungkan dan meneladani perjuangan Nabi Muhammad, dalam menyebarkan agama Islam serta mempererat hubungan sosial.

“Bulan Maulid harus dijadikan spirit, untuk meneladani perjuangan Rasulullah. Kita harus memperkuat silaturahmi dan menghargai perjuangan yang telah beliau lakukan,” ujarnya.

Selain itu, Lukman dan Fauzan juga memanfaatkan kesempatan tersebut, untuk menyampaikan komitmennya terhadap dukungan kegiatan keagamaan di Bangkalan.

Mereka berjanji, jika terpilih nanti, akan terus mendukung dan menjaga pelaksanaan tradisi seperti ‘Cocoghen’, sebagai bagian dari upaya menjaga kekayaan budaya lokal serta memajukan masyarakat.

“Jika terpilih, kami akan berkomitmen untuk mendukung semua kegiatan keagamaan di Kabupaten Bangkalan, dan menjaga tradisi Cocoghen ini,” pungkas Lukman-Fauzan.