Atasi Kendala Visa Haji, Kemenag Larang Perubahan Kloter

0
181

Menteri-Agama-Lukman-Hakim

Makkah (regamedianews) – Menteri Agama RI Lukman Hakim Syaifuddin secara gamblang mengakui terdapat beberapa kendala persiapan visa ibadah haji 2016. “Sejauh ini evaluasi terus dilakukan. Secara keseluruhan tidak ada kendala mendasar, hanya terkait visa. Itu pun bukan karena keterlambatan, tetapi lebih karena adanya koordinasi dan komunikasi yang perlu dibangun lagi di masa mendatang,” Jelasnya setiba dari Bandara King Abdul Aziz, Jeddah, Minggu malam (04/09/2016).


Koordinasi kantor Departemen Agama serta Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) di setiap daerah dengan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji di pusat, menurutnya harus lebih diselaraskan dalam hal menyampaikan data. Jadi, tidak ada lagi jamaah yang seharusnya berangkat gelombang kedua, memaksakan diri berangkat gelombang pertama. Hal itu lantaran akan merusak konfigurasi atau formasi jamaah yang sejak awal sudah terformat dalam kloter.

“Kita ingin lebih meningkatkan komunikasi dengan sejumlah KBIH dan petugas di lapangan supaya lebih tegas dan konsisten dalam menjalani ketentuan. Ke depan, kita ingin membuat regulasi bahwa tidak boleh lagi ada perubahan kloter sehingga tidak ada kasus seperti yang lalu,” tegasnya. (*)

 


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here