Banjir Kembali Merendam Rumah Warga Sampang

0
174

 

img-20161024-wa0006


Sampang (regamedianews.com) – Banjir kembali genangi rumah warga Sampang sejak  tadi pagi sekitar pukul 7.30 wib (24/10/2016), kondisi arus air terus meluas dan merendam beberapa kawasan sampang kota dan desa, diantaranya Desa Kamoning, Tanggumung, Pasean, Panggung, Gunung Maddah, Kelurahan Dalpenang, Rongtengah dan Gunung Sekar, di titik tersebut ketinggian air sudah mencapai 50 cm – 100  cm.

Banjir akibat hujan lebat selama satu hari dikawasan sampang utara membuat Sungai Kamoning tidak mampu menampung debit air di kawasan hulu di Sampang selatan  sehingga meluap, kondisi ini diperparah dengan pasangnya air laut dan membuat kota Sampang yang terletak di dataran lebih rendah dari permukaan air laut.

Meski air yang masuk ke rumah warga sudah cukup tinggi, belum tampak warga mengungsi, memilih bertahan di rumahnya sambil memantau pergerakan air, Rahmat salah satu warga Jl. Melati Kelurahan Dalpenang mengatakan sejak pukul 06.00 Wib rumahnya sudah terendam banjir dengan kedalaman semata kaki semakin siang ketinggian air semakin mendalam, “sampai saat ini saya masih lihat arus banjirnya dulu mas, kalau semakin tinggi saya terpaksa harus mengungsi” ungkapnya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sampang Wisnu Hartono, mengatakan banjir yang merendam kawasan Sampang Kota akibat guyuran hujan di wilayah Kecamatan Robatal, Kedungdung, Karang Penang, dan Omben sejak hari minggu pagi kemarin (23/10), “ini banjir kesekian kalinya yang terjadi selama musim hujan tahun ini, akibat luapan Sungai Kemuning diperkirakan Kota Sampang juga akan terkena dampak banjir,” tutur Wisnu.

Wisnu menambahkan, Posko tanggap darurat sejak tadi malam sudah dipersiapkan, telah siaga dipimpin Dandim 0828 Sampang dengan langkah mempersiapkan anggota TNI, Polri, BPBD, PMI, Tagana, tim kesehatan untuk tim evakuasi, distribusi logistik serta membuka dapur umum. Dirinya juga menghimbau kepada warga tetap waspada, terutama yang berada di wilayah rawan banjir, seperti Kelurahan Delpenang, Rongtengah, dan Desa Panggung, pasalnya, jika aliran air Sungai Kemuning terus meninggi, sangat dimungkinkan banjir besar kembali menggenangi jalan utama Kota Sampang . (har/yat)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here