Menkeu Soroti 131 Daerah yang Setengah APBDnya di Habiskan Untuk Belanja Pegawai

0
145


Regamedianews.com-Sri Mulyani Indrawati Menteri Keuangan Soroti masih banyaknya daerah yang rasio alokasi APBD yang setengahnya bahkan lebih hanya digunakan belanja pegawai Pemerintahan, menurutnya ada sekitar 131 daerah Kabupaten/Kota yang demikian.


 

“Untuk APBD 2016, 131 daerah Kabupaten/Kota memiliki rasio belanja pegawai dan tunjangan terhadap total APBD mencapai di atas 50%. Jadi APBD nya hanya untuk belanja pegawai,” ungkapnya Rabu (10/5)  di JCC Senayan saat acara Rakornas BKN

 

Menurut Sri Mulyani Jumlah ini melebihi rasio belanja pegawai pemerintah pusat yang mencakup 1/4 terhadap anggaran pemerintah pusat.

 

“Kalau dari sisi neraca pempus, belanja pegawai mencakup 26,1% dari total anggaran belanja pempus. Ini berarti sekitar 1/4 nya dari anggaran kita dipakai untuk membayar gaji dan tunjangan bagi para birokrat,” paparnya.

 

Dirinya juga menambahkan bahwa telah menyampaikan kepada Presiden agar ditindaklanjuti oleh kementerian terkait agar daerah yang masuk dalam 131 tersebut dapat lebih fokus mengelola APBDnya terutama yang lebih bermanfaat langsung pada pembangunan di daerahnya

 

“Presiden sudah melihat ini dan memang meminta untuk kami (Kementerian Keuangan), Kementerian Dalam Negeri, Kemenpan RB untuk melakukan hal-hal yang bisa untuk membuat pemerintah lebih fokus untuk APBD nya untuk melayani masyarakat dan program-program di dalam rangka untuk pembangunan,” pungkasnya.(^*)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here