Jelang Mudik Lebaran 2017, Ini Pesan Kapolri Bagi Pemudik

0
144

Jakarta, 08/06 – Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengimbau masyarakat yang akan mudik Lebaran 2017 agar betul-betul memastikan kondisi kendaraannya sebelum berangkat menuju kampung halaman masing-masing.


“Kalau memang pulang kampung tolong yang pertama kendaraannya tolong dicek betul baik kendaraan kecil maupun kendaraan besar. Jangan sampai terjadi lagi peristiwa yang terjadi di Puncak rem blong, di Cipularang rem blong,” kata Tito.

Selain memastikan kondisi kendaraan dalam keadaan baik, Kapolri juga mengingatkan agar pemudik siap sedia dengan perlengkapan pribadi masing-masing.

“Misalkan obat-obatan, kalau pusing, sakit magh, kalau terjadi kemacetan bisa diatasi sendiri. Minuman juga dibawa, makanan yang perlu dibawa. Mudik kan masih dalam suasana bulan puasa biasanya penumpukan terjadi menjelang magrib semua ingin masuk ke rest area. Kalau bisa bawa bekal sendiri lebih baik,” ujarnya.

Guna mengantisipasi supaya kendaraan tidak bertumpuk panjang di rest area, akan ditambah toilet darurat di daerah rawan kemacetan. Sehingga para pemudik tidak harus berhenti di rest area.

Selain itu, demi alasan keamanan sebaiknya pemudik diharapkan tidak menggunakan sepeda motor balik ke kampung halamannya.

“Lebih baik memilih program mudik bersama. Kemenhub menyiapkan itu, BUMN, kantor-kantor juga menyiapkan mudik bersama itu akan jauh lebih aman dibandingkan dengan bawa sepeda motor di mana anak dan istri di depan dan belakang ini kan berbahaya,” ucapnya. (red)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here