Ragam  

Akhir Ramadhan, Asta Tinggi di Sumenep Dipadati Peziarah

Sumenep, (regamedianews.com) – Atas Tinggi, Salah Satu wisata religi yang tidak pernah sepi pengunjung dari manca negara. Kompleks pemakaman para raja itu merupakan salah satu destinasi wisata religi andalan Kabupaten Sumenep. Pemakaman yang terletak di bukit Desa Kebonagung, Kecamatan Kota Sumenep, ini setiap hari banjir pengunjung.

Selain ziarah, para pengunjung bisa menikmati keindahan bangunan di kompleks pemakaman tersebut. Pengunjung bisa melihat langsung bangunan peninggalan sejarah tersebut. Termasuk tulisan Arab dan ornamen yang terdapat di beberapa dinding dan pintu masuk menuju pesarean. Meski usianya sudah ratusan tahun, kondisinya tetap kokoh.

Selain itu, setiap pengunjung bisa mengetahui sejarah para raja yang dimakamkan di sana. Di tempat penerima tamu, mereka bakal mendapatkan penjelasan singkat mengenai sejarah Asta Tinggi. Termasuk mengenali nama dan sejarah raja serta pimpinan Sumenep tempo dulu.

“Kami berkunjung kesini karena terinsiparasi terhadap perjuangan para raja yang telah mensyiarkan islam di wilayah Madura. Jadi kami akan terus mengenang jasa-jasa para tersebut dengan berziarah,” kata Uswatun Hasanah, salah seorang pengunjung asal Kota Surabaya, Jumat (23/06/2017).

Disebutkan, bahwa ia bersama keluarganya memang rutin setiap tahun berziarah ke makam para raja yang berada di Asta Tinggi, namun kebetulan saat ini sedang libur panjang ia akhirnya memanfaatkan hari libur tersebut untuk mendatangi wisata religi yang ada di daerah ini. Karena dengan libur panjang ini akan bisa lebih leluasa mengunjungi berbagai tempat wisata religi yang ada di Madura.

“kami sudah biasa setiap tahun pada saat sebelum bulan Ramadhan memang berkunjung ke Asta Tinggi, sehingga ketika waktunya masih cukup kami juga mendatangi tempat wisata religi lainnya yang ada disini,” jelasnya.

Sementara Abdul Rahman, salah satu pemadu wisata mengatakan, pada hari libur panjang kali ini pengunjung di Asta Tinggi meningkat drastis hingga mencapai 50 persen di banding hari-hari biasa, apalagi ketika mendekati bulan suci Ramadan pengunjung yang datang akan semakin membludak.

“Jadi kedepan pengunjung diprediksi akan terus meningkat hingga memasuki bulan puasa, karena Asta Tinggi tersebut merupakan wisata religi yang menjadi salah satu ikon wisata daerah ini yang banyak di kunjungi wisatawan,” terangnya.

Para raja zaman terdahulu yang telah menyebarluaskan agama islam di ujung timur pulau Madura yang berada di Asta Tinggi memang menjadi jujukan para wisatawan baik lokal maupun luar daerah, karena jasa-jasanya akan selalu dikenang oleh masyarakat luas. (gus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

..