Di Sumenep, SMP/MTs Belum Seluruhnya Bisa Laksanakan UNBK

  • Bagikan

Sumenep, (regamedianews.com) – Ujian nasional SMP/MTs akan digelar Senin (23/4) hingga Kamis (26/4) mendatang. Namun, tidak semua sekolah menggelar ujian nasional berbasis komputer (UNBK). Dari 173 sekolah, baik negeri maupun swasta, hanya 149 sekolah yang bisa menyelenggarakan UNBK. Hal ini dikatakan Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan SMP Disdik Sumenep Moh. Iksan.

“Sebanyak 24 sekolah di kepulauan menggunakan metode ujian nasional berbasis kertas dan pensil (UNKP). Di antaranya, sekolah di Pulau Sapeken, Raas, dan Kangayan. Juknis ujian nasional tahun ini, 70 persen UNBK dan 30 persen UNKP. Sementara Sumenep, 86 persen UNBK dan 14 persen UNKP,” terangnya, Selasa (17/04/2018).

Lebih lanjut Iksan mengatakan, bahwa pihaknya sudah mengkroscek semua peserta ujian nasional. Baik di sekolah yang melaksanakan UNBK maupun UNKP. Ada satu sekolah yang bermasalah, yakni SMPN 1 Batuputih. Pihak sekolah menginformasikan bahwa sudah siap melaksanakan ujian dan tidak ada kendala. Namun, pihaknya akan mengkroscek ulang untuk mengetahui secara pasti masalah di sekolah tersebut.

”Insyaallah besok (hari ini, Red) kami akan memantau SMPN 1 Batuputih. Pihak sekolah mengatakan siap. Kami akan mengkroscek kembali seperti apa kesiapannya. Perangkat sudah fixed, tinggal jaringan. Jika sekolah tersebut masih terkendala jaringan, UNBK terpaksa digelar offline. Sedangkan di kepulauan dan di daratan selain Batuputih, sudah siap UNBK dan tidak ada kendala,” tandasnya.

Iksan menyebutkan, di Batuputih jaringan Telkom belum bisa masuk. Sementara lainnya menggunakan provider. Di Batuputih semuanya lemah. Pihaknya menghimbau supaya siswa menjaga kesehatan. Sebab, UNBK tidak sama dengan UNKP. Persiapan belajar juga hendaknya diperhatikan. Sekolah menjaga harmonisasi dari semua personel.

“Kejujuran hendaknya dijunjung setinggi-tingginya. Sebab, UNBK tingkat kejujuran harus seratus persen. Guru tidak bisa membantu karena ada 20 macam soal. Kami berharap, pada saat ujian berlangsung listrik tidak padam,” harapnya. (sap)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Klik disini??
Ada Informasi??
Selamat Datang Di regamedianews.com
Silhkan Sampaikan Informasi Anda !!!!