289 Mahasiswa IAI Al Khairat Ikuti Pembekalan Berbasis PAR

0
175

Pamekasan (regamedianews.com)-,Sebanyak 289 mahasiswa Institut Agama Islam (IAI) Al-Khairat Pamekasan, mendapat bimbingan dan pengarahan dalam rangka pembekalan Perkuliahan Kerja Nyata (PKN) XXIII Berbasis Participatory Action Research (PAR) di Auditorium Kampus Jl Raya Palengaan (Palduding) Nomor 2, Rabu (25/7/2018).


Jumlah tersebut meliputi mahasiswa semester 6 yang berasal dari empat program studi (prodi) berbeda, meliputi prodi Ekonomi Syariah (ESY), prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IAT), prodi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) dan prodi Pendidikan Agama Islam (PAI).

Mereka mendapat bimbingan dalam program pembekalan yang digelar selama dua hari sejak Selasa (24/7/2018) kemarin hingga hari ini.

“Pembekalan ini merupakan upaya mempersiapkan mahasiswa yang akan menjalani program pengabdian di masyarakat, yakni melalui program PKN Berbasis PAR,” kata Wakil Rektor I Bidang Akademik Abd Wahid.

“Dengan pembekalan ini tentu kami berharap nantinya mahasiswa benar-benar bisa memahami berbagai materi yang disajikan, terlebih berhubungan dengan proses pengabdian di masyarakat. Sehingga mereka bisa mengaplikasikan materi keilmuan di lokasi PKN,” ungkapnya.

Tidak hanya itu, pihaknya juga menyampaikan program PKN sebagai momentum bagi mahasiswa untuk mengeksplor berbagai gagasan yang dimiliki. Tentunya tanpa harus menghilangkan tatanan dan kearifan lokal di lokasi PKN.

“Tidak kalah penting tentunya juga harus menjaga nama baik almamater tercinta, serta bisa menjadi manfaat bagi masyarakat di lokasi PKN,” harap dosen yang akrab disapa Pak Wahid.

Pada kegiatan yang mengusung tema ‘Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Mahasiswa Mengabdi’, peserta dalam hal ini mahasiswa diharapkan bisa menerapkan tri dharma perguruan tinggi secara bersamaan.

“Program PKN ini sangat komplit, sehingga mahasiswa bisa mengaplikasikan tiga poin yang tertuang dalam tri dharma perguruan tinggi secara bersamaan. Meliputi aspek pendidikan, penelitian dan pengabdian,” jelasnya.

“Memang program PKN Berbasis PAR ini baru kita terapkan dalam tiga tahun terakhir, namun dampaknya bisa dirasakan oleh para mahasiswa yang sudah berproses dalam program ini. Mudah-mudahan pada tahun ini bisa kembali memberikan dampak positif, baik bagi mahasiswa maupun masyarakat,” harapnya.

Dalam program pembekalan, mahasiswa digembleng dengan empat materi berbeda. Meliputi Kebijakan Program PKN Berbasis PAR di Era Milenial, Problematika dan Peran Serta Masyarakat dalam Pembangunan, Peran Mahasiswa dalam Pemberdayaan Masyarakat hingga materi Penyusunan Laporan PKN Berbasis PAR.

Sementara mereka nantinya bakal ditempatkan di 17 titik di enam kecamatan berbeda di daerah berslogan Bumi Gerbang Salam. Meliputi Kecamatan Galis, Larangan, Pagantenan, Pakong dan Kecamatan Proppo.(ff)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here