Sambut Dirgahayu TNI ke-73, Dandim 0829 Bangkalan Gelar Balap Kuda

0
481
Agus, pemilik kuda Zorro saat menerima piala bergilir dari salah satu anggota TNI di lapangan balap kuda keleyan Bangkalan.

Bangkalan, (regamedianews.com) – Salah satu mempertahankan budaya asli lokal yaitu harus membina kepada masyarakat dengan cara mengadakan event perlombaan, sehingga bisa melekat kecintaannya terhadap budaya yang terlahir di daerah itu sendiri, mengantarkan malalui budaya bisa memperkuat persatuan dan kesatuan Republik Indonesia.

Dalam rangka menyambut Dirgahayu ke-73 Tentara Nasional Indonesia (TNI)  Dandim 0829 kabupaten Bangkalan menggelar Balap kuda Tradisional Madura di Lapangan Balap kuda Desa keleyan kecamatan Socah Kabupaten Bangkalan, Madura, Minggu (30/09/2018).


Baca juga Peringati HUT RI, PWS Gandeng Polwan Bagi – Bagi 73 Bendera Mini

Pantauan reporter regamedianews.com ,dalam ajang merebutkan Piala Dandim 0829 Bangkalan tersebut turut hadir Bupati Baru Bangkalan, R. Abdul. Latif, serta ketua DPRD Bangkalan dan beberapa jajaran pimpinan keamanan di Kabupaten Bangkalan.

Menurut Dandim 0829 Letk Arm Dodot Sugeng mengatakan, dalam rangka menyambut HUT TNI ke-73 kami menyelenggarakan Balap kuda tradisional Madura untuk melekatkan rasa persatuan rekan-rekan, karena budaya merupakan salah satu sebagai pondasi kekuatan persatuan Indonesia.

“Selain mempersatukan masyarakat, melalui budaya juga akan merangkul TNI lebih solid lagi dan bersama-sama dengan masyarakat menjaga keutuhan NKRI,” tandasnya.

Lebih lanjut Sugeng mengatakan, pihaknya berterima kasih kepada rekan-rekan khususnya penyelenggara lomba pacuan kuda yang sudah ingat bahwa bulan oktober adalah tahun HUT TNI ke-73.

“Semoga TNI ini tetap konsisten dalam melaksanakan tugasnya, serta melaksanakan fungsinya sebagai garda terdepan untuk menjaga keutuhan NKRI,” tuturnya.

Sementara menurut Ketua Pordasi Madura  H. Nasir Zaini menyebutkan, sekitar ada 55 peserta yang mengikuti balap kuda dalam rangka memeriahkan HUT TNI ke 73 dan merupakan balap kuda tradisional murni khas Bangkalan, satu satunya yang ada di madura hanya di Bangkalan.

Baca juga Saat Upacara HUT Bhayangkara Ke 72, Polres Pati Dapat Kejutan

“Menurut catatan kami ada 55 peserta yang mengikuti Balap kuda. Kami berharap mudah-mudahan kedepannya balap kuda semakin meningkat dan ada lapangan permanin, sehingga kami bisa menyelenggarakan dalam satu tahun, satu bulan secara konsisten,” pungkasnya.

Sekedar diketahui, catatan yang mendapat piala bergilir lomba balap kuda Dandim 0829 di raih oleh Agus, asal Desa Katol yang memiliki Kuda Zorro. (sfn/har)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here