Melalui JJS, Ribuan Siswa di Sampang Ikut Meriahkan HGN dan HUT Ke – 73 PGRI

0
390
Sekretaris Daerah Kabupaten Sampang H. Puthut Budi Santoso saat memberikan sambutanya kepada para peserta JJS.

Sampang, (regamedianews.com) – Dalam rangka memeriahkan Hari Guru Nasional (HGN) 2018 dan Hari Ulang Tahun (HUT) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) ke – 73. Ribuan Siswa dan Guru dari beberapa sekolah di Sampang mengikuti pagelaran Jalan-jalan Sehat (JJS).

Pagelaran JJS dalam rangka HGN 2018 dan HUT PGRI ke 73 tersebut dilepas langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sampang H. Puthut Budi Santoso, bersama Ketua PGRI Kabupaten Sampang H. Achamd Mawardi, bertempat di depan Pendopo Bupati Sampang, Jalan Wijaya Kusuma, Kelurahan Gunung Sekar, Sampang, Sekitar pukul 06.00 Wib, Sabtu (24/11/2018) pagi.


Baca juga Meriahkan HUT Polwan dan Gerak Bhayangkari, Polres Bangkalan Gelar JJS dan Senam Bersama

Sekretaris Daerah Kabupaten Sampang H. Puthut Budi Santoso mengatakan, bahwa ini merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati HGN 2018 dan HUT ke 73 PGRI dengan melibatkan segenap siswa dan guru dilingkungan Kabupaten Sampang.

(Acara JJS yang melibatkan siswa dan guru ini merupakan bagian dari rangkaian peringatan Hari Guru Nasional (HGN) 2018 dan HUT PGRI ke 73,” katanya.

Lebih lanjut H. Puthut mengatakan, Kegiatan JJS ini adalah menunjang kesehatan siswa yang dihubungkan dengan programnya Kabupaten tentang literasi. Sehingga ia berharap semua orang yang bergerak di dunia pendidikan mau membaca buku diluar mata pelajaran setiap hari paling lama 10 menit guna mengasah otak, karena dengan membaca pengetahuan wawasannya bertambah.

“JJS ini sebagai penunjang kesehatan siswa dan guru yang juga dihubungkan dengan program Kabupaten Sampang tentang Literasi yang mana setiap siswa dan orang yang bergerak didunia pendidikan mau membaca buku diluar buku materi pelajaran selama 10 menit sebelum pelajaran itu dimulai,” lanjut Puthut. Sabtu, (24/11/2018).

H. Puthut menambahkan, kegiatan JJS itu diikuti siswa dan guru di sampang. pada hari Sabtu ini biasanya sekolah ada kegiatan muatan lokal kali ini di isi dengan olahraga melalui JJS.

“Kebetulan biasanya kalau hari Sabtu di sekolah ada program muatan lokal  saat ini siswa mempunyai kesempatan olahraga diluar sekolah melalui JJS ini,” pungkasnya.

Sementara Ketua PGRI Kabupaten Sampang H. Achmad Mawardi mengatakan, PGRI Kabupaten Sampang hari ini (24/11) menggelar JJS dengan mengajak siswa dan guru utamanya melakukan olahraga. Tujuannya untuk merefresh fisik yang selama ini bergelut dengan pembelajaran.

“Peringatan HGN dan HUT PGRI  kami ngajak semua siswa dan guru untuk olahraga. Selain berolahraga juga JJS ini merupakan tujuan yang sangat mulia, semua menjadi saling sapa dan saling bersalaman karena mereka melebur menjadi satu,” Kata Mawardi.

Tidak hanya itu,  murid harus ikut serta karena yang ulang tahun adalah gurunya. Sehingga wajarlah kalau murid memberikan semangat kepada gurunya dan ikut berdoa semoga guru di kabupaten Sampang makin mempunyai semangat meningkatkan mutu pendidikan di Sampang

Baca juga Ribuan Masyarakat Solo mengikuti JJS #2019Ganti Presiden, Amin Rais, Bukti Jokowi tidak Laku

“Dengan pertemuan ini mempererat tali silaturrahmi sehingga mutu PGRI yang selalu mengedepankan soliditas, karena PGRI adalah sebuah organisasi profesi yang menjembatani kepentingan guru. Awalnya juga bergerak dibidang kesejahteraan. Namun, sekarang  eranya sudah berbeda. Maka PGRI mempunyai tekad sesuai tema pernyataan HGN dan HUT PGRI di era Indonesia 4.0 di era Industri tahap 4 ini guru tidak bisa mengajar dengan pola-pola lama dan dituntut berinovasi,” Ujar Mawardi.

Ia juga menghimbau kepada semua guru untuk berinovasi dan mencari pembaharuan agar daya serap makin tinggi. “Sekarang guru dituntut untuk menggunakan IT dalam hal mengajar. Guru memakai laptopnya dan sekolah yang menyiapkan LCD-nya buat metode pembelajaran. Menggunakan IT yang kemudian menambah daya tarik dan murid semakin semangat belajar sehingga nilai UASBN-nya tinggi,” terangnya.

Mawardi menambahkan, selain JJS nanti akan melaksanakan upacara tingkat Kabupaten yang akan dilaksanakan dihalaman Pemkab Sampang dan pagelaran JJS itu diikuti TK, SD, SMP hingga SMA/K bersama gurunya di Kabupaten Sampang. “Selain JJS yang diikuti mulai tingkat TK hingga SMA/K juga akan dilaksanakan upacara tingkat Kabupaten,” pungkasnya. (adi/har)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here