Peringati Hari Jadi Sampang ke 395, Pejabat Pemkab Ziarah ke Makam Rato Ebu

0
423
Sekdakab Sampang Phutut Budi Santoso ziarah ke makam Rato Ebu didampingi beberapa pejabat Pemkab Sampang.

Sampang, (regamedianews.com) – Dalam rangka memperingati hari jadi Kabupaten Sampang ke 395, Pemerintah Kabupaten Sampang bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) serta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Sampang melakukan ziarah ke Makam Rato Ebu, Kelurahan Polagan, Kecamatan Kota Sampang.

Pantauan reporter regamedianews.com acara ziarah ke Makam Rato Ebu berlangsung khusu’ dan khidmat. Juga terlihat tidak hanya dilakukan Pemkab, Forkopimda dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Sampang saja. Namun, juga diikuti beberapa kalangan Ulama’ dan tokoh masyarakat area makam.


Baca juga Prabowo Subianto Ziarah ke Makam Syaikhona Kholil Bangkalan

Ditempat acara, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Kabupaten Sampang, H. Aji Waluyo mengatakan, ziarah ke Makam Rato Ebu itu setiap tahun pihaknya lakukan. Selain dalam rangka memperingati hari jadi Kabupaten Sampang juga bertujuan mengenang jaza para pemimpin Sampang terdahulu.

“Ziarah ini mas salah satu rangkaian memperingati hari jadi Kabupaten Sampang ke 395 dengan tujuan mengenang jaza para pemimpin Sampang terdahulu,” kata Aji. Rabu (28/11/2018).

Lebih lanjut H. Aji Waluyo mengatakan, dalam ziarah itu banyak masyarakat yang hadir dan
menandakan warga Sampang merindukan sosok pemimpin para pahlawan khususnya Cakraningrat pertama, yakni Raden Praseno.

“Antusiasnya masyarakat mengikuti ziarah ini menandakan warga Sampang rindu pada sosok pemimpin Raden Praseno,” lanjutnya.

H. Aji Waluyo berharap, sarana dan prasarana di makam Rato Ebu tetap dilestarikan, agar keasliannya tetap terjaga. “Sarana dan prasarana Makam ini tetap dilestarikan ke asliannya,” harapnya.

Ditempat yang sama, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sampang, Phutut Budi Santoso mengatakan, ziarah ke Makam Rato Ebu, merupakan rangkaian kegiatan hari jadi Sampang ke 395 juga sebagai bentuk penghormatan kepada para sesepuh pemimpin Sampang. Sebab, jasanya sangat besar bagi pembangunan Kota Bahari.

Baca juga Puti Guntur Soekarno Ziarah Di Acara Haul Agung Sunan Ampel Ke 569

“Berziarah ke Makam ini untuk mengenang jasa pemimpin terdahulu yang telah membangun Kabupaten Sampang. Selain itu, di hari jadi ini juga menandakan Raden Praseno yang dinobatkan sebagai Cakraningrat Pertama. Kita berkumpul bersama forkopimda disini dengan memanjatkan dzikir dan doa, agar arwah mereka tenang di alam sana serta para leluhur telah berjuang dalam jiwa dan raga demi Kabupaten Sampang tercinta ini,” ujarnya.

Phutut menambahkan, Rato Ebu ini adalah ibu dari Pangeran Cakraningrat 1 merupakan tokoh yang pantas kita teladani dan inspirasi guna mewujudkan Sampang sejahtera dan berkeadilan kepada semua pihak terlaksana dengan baik.

“Ini merupakan tokoh yang pantas kita teladani dan inspirasi, dalam mewujudkan Sampang sejahtera, berkeadilan terbadap semua pihak,” pungkasnya. (adi/har)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here