Ini Jumlah Desa di Pamekasan Yang Ikuti Pilkades Serentak Usai Pemilu 2019

0
498
ilustrasi

Pamekasan, (regamedianews.com) – Pada tahun 2019, ada beberapa kabupaten di Pulau Madura yang bakal melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara serentak, diantaranya yakni Kabupaten Sumenep dan Pamekasan.

Berdsarkan informasi yang dihimpun regamedianews.com, di Kabupaten Sumenep ada sebanyak 227 desa yang bakal melaksanakan pesta demokrasi ditingkat desa (Plkades, red). Sedangkan untuk Kabupaten Pamekasan dengan jumla 93 desa.


Kepala Bidang Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Pamekasan, Muttaqin mengatakan, dari catatan Pilkades serentak pertama tahun 2015 sebanyak 71 desa, tahun 2017 sebanyak 13 desa, sedangkan tahun 2019 jumlahnya lebih banyak yakni 93 desa.

Baca juga Di Pamekasan, Ada 90 Desa Yang Akan Laksanakan Pilkades Serentak 2019

“Jadi pada tahun 2019 jumlah desa yang melaksanakan Pilkades lebih banyak dari pada tahun sebelumnya. Sementara untuk masa jabatan kades yang akan melaksanakan pilkades serentak beragam, mulai bulan Mei, Juni dan Juli,” terangnya, Senin (03/12/2018).

Muttaqin menambahkan, pihaknya belum bisa memastikan kapan pelaksanaan pilkades serentak tersebut. Namun, berdasarkan rencana awal, bahwa pesta demokrasi desa itu akan digelar setelah Pemilihan Umum (Pemilu) yang akan dilaksanakan tanggal 27 April 2019.

Baca juga Usai Pemilu 2019, Pemkab Sumenep Bakal Laksanakan Pilkades Serentak

“Waktu pelaksanaannya setelah Pemilu 2019 mendatang. Sementara kami nanti akan angkat penjabat kades apabila masa jabatannya tidak sampai kepada pelaksanaan pilkades. Karena di desa tidak boleh sampai ada kekosongan kepemimpinan,” pungkasnya. (bor/ff)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here