Musim Hujan, BMKG Sumenep Imbau Masyarakat Waspada Saat Beraktivitas di Laut

0
469
ilustrasi gelombang tinggi

Sumenep, (regamedianews.com) – Berdasarkan prakiraan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), kondisi gelombang di wilayah perairan Sumenep, Madura, diperkirakan terjadi ketinggian.

Kepala BMKG Kalianget, Usman Kholid mengatakan, ketinggian gelombang tersebut diprakirakan akan terjadi peningkatan pada tanggal 16 dan 17 Desember 2018.


“Tapi peningkatannya tidak terlalu signifikan. Sementara untuk perkembangannya, kami akan terus meng-update setiap hari,” ujarnya, Minggu (16/12).

Meski demikian, lanjut Kholid, kondisi gelombang cukup kondusif. Pihaknya mengimbau masyarakat, khususnya yang beraktivitas di wilayah perairan, agar tetap waspada, mengingat saat ini musim penghujan.

Baca juga Musim Pancaroba, BMKG Sumenep Imbau Masyarakat Waspada Terjadinya Angin Puting Beliung

“Saat musim hujan seperti ini, dihimbau kepada masyarakat yang melakukan aktivitasnya di perairan atau laut, agar lebih waspada dan hati-hati,” ucapnya.

Kholid menjelaskan, musim penghujan seperti saat ini masyarakat perlu mewaspadai potensi adanya awan kumulonimbus, yaitu awan vertikal menjulang yang sangat tinggi, padat, dan terlibat dalam badai petir dan cuaca dingin.

Baca juga BMKG Sumenep Imbau Masyarakat Waspada Saat Musim Pancaroba

“Masyarakat perlu mewaspadai potensi adanya awan kumulonimbus, karena bisa berdampak pada kecepatan angin dan tinggi gelombang,” ujarnya. (gus)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here