KPU Bersama Bawaslu Bangkalan Gelar Simulasi Perakitan Dan Ketahanan Kotak Suara

0
385
Ketua KPU Fauzan Jakfar bersama Ketua Panwas dan anggota KPU menduduki dan berdiri di atas kotak suara di aula kantor KPU

Bangkalan, (regamedianews.com) – Pesta Demokrasi Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta pemilihan Calon Legislatif yang akan dilaksanakan oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) pada tanggal 17 April 2019 mendatang, terlihat berbeda dengan pemilihan tahun sebelumnya.

Pasalnya pesta demokrasi serentak tahun 2019, penyelenggara KPU menggunakan kotak suara yang terbuat dari kardus kedap air, seperti simulasi perakitan kotak suara dan percobaan ketahanan kotak suara yang dilakukan KPU Bangkalan.


Baca juga KPUD Sampang: 6 Ribu Kotak Suara Alumunium Akan Segera Dilelang

Simulasi perakitan kotak suara dan percobaan ketahanan kotak suara berlangsung di kantor aula KPU Bangkalan, turut hadir Ketua Bawaslu Bangkalan Mustain dan Ketua KPUD Bangkalan Fauzan Jakfar, berserta beberapa anggota kepolisian, Selasa (08/01).

Ketua KPUD Bangkalan, Fauzan Jakfar mengatakan, memang ada sebagian masyarakat yang meragukan pada ketahanan kotak suara yang telah dibuat oleh KPU.

“Namun KPU sebenarnya hanya menindak lanjuti dari UUD nomer 07 tahun 2017 yang mengatur pelaksanaan pemilu, bahwa kotak suara itu terbuat dari bahan yang transparan,” terangnya.

Sehingga di implementasikan oleh KPU untuk Kotak Suara Pemilu tahun 2019 mendatang, menggunakan karton yang kedap air, semata-mata mengurangi atau memperkecil biaya pemilu. “Jadi kita sudah simulasi mulai dari perakitan dan percobaan ketahanan kotak suara bersama Panwas, aparat keamanan untuk menguji ketahanan,” jelasnya.

Baca juga KPU Cimahi: Masyarakat Perlu Memahami Tentang DPTb dan DPK

“Tadi saya berdiri di atas kotak suara, bahkan saya bersama ketua panwas juga duduk di atas kotak suara itu, ternyata tahan tidak ada masalah,” ungkapnya.

Tahannya kotak suara ini, kata Fauzan, memang benar-benar tahan walaupun terkena percikan air dari samping tidak bermasalah, namun kalau disiram air dari lubang yang diatas, meski kotak suara dari aluminium pasti akan basah di dalamnya.

“Selain di bungkus oleh sampul, nanti juga di bungkus oleh plastik. Dalam pendistribusian kotak suara nanti, luar kotak suara dan dalam kota suara akan terbungkus plastik, isinyapun juga akan terbungkus plastik. Sehingga saya rasa sangat aman dari air walaupun misalnya nanti pendistribusian ada hujan deras, saya yakin pasti aman karna sudah terbungkus plastik,” pungkasnya.

Pihaknya juga menambahkan pendistribusian kotak suara akan dilaksanakan awal februari dengan kebutuhan setiap TPS ada 5 kotak suara.

“Di Kabupaten Bangkalan jumlah TPS sebanyak 3823, jadi kebutuhan kotak suara di Kabupaten Bangkalan membutuhkan 19115 kotak suara. Sekaligus perkecamatan kita sediakan antara 5 sampai 8 kotak suara untuk duplikat penyimpanan logistik yang sudah di laksanakan rekap di kecamatan,” tandasnya.(sfn/fik)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here