Menristekdikti Resmikan Gedung Baru Kampus IV Universitas Negeri Gorontalo

0
447
Pose bersama Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Prof. H. Mohamad Nasir, Ph.D., Ak dengan Rektor UNG dan semua Dosennya, Rektor Unisan, Rektor UMGo, Wakil Gubernur Gorontalo, Anggota Komisi VII DPR-RI Fadel Muhammad, Bupati Bone Bolango, Walikota dan sejumlah pejabat lainnya.

Bone Bolango, (regamedianews.com) – Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Prof. H. Mohamad Nasir, Ph.D.Ak, Kamis (24/01/2019) kemarin, akhirnya meresmikan Kampus Baru Universitas Negeri Gorontalo (UNG) yang berada di kecamatan Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango.

Peresmian yang bertempat di kantor Perpustakaan UNG itu dihadiri Rektor UNG dan semua Dosennya, Rektor Unisan, Rektor UMGo, Wakil Gubernur Gorontalo, Anggota Komisi VII DPR-RI Fadel Muhammad, Bupati Bone Bolango, Walikota dan sejumlah pejabat lainnya.


Baca juga Tempati Gedung Baru, Kepala KUA Botupingge Gelar Acara Syukuran

Pembangunan gedung baru UNG merupakan satu dari tujuh universitas di Indonesia yang dibangun melalui Project Islamic Development Bank (IDB) 7 in 1. Ketujuh Universitas tersebut yaitu :

# Universitas Tanjung Pura
# Universitas Negeri Gorontalo
# Universitas Negeri Jogjakarta
# Universitas Lambung Mangkurat
# Universitas Negeri Surabaya
# Universitas Syah Kuala
# Universitas Samratulangi Manado.

“Dari tujuh proyek itu sudah dua yang diresmikan, pertama Universitas Tanjung Pura dan kedua UNG yang diresmikan hari ini (kemarin red),” kata Menristekdikti Mohamad Nasir.

Dengan adanya tambahan gedung, Menristekdikti berharap kualitas layanan pendidikan tinggi di UNG semakin baik. Mohamad Nasir juga berharap ke depan UNG semakin baik dan berkualitas menuju Universitas yang mampu bersaing secara global.

“Dalam usia yang sangat singkat sejak statusnya menjadi universitas pada tahun 2002, UNG telah berhasil memperoleh akreditasi A. Mudah-mudahan ini dapat terus dipertahankan dan UNG bisa menuju Universitas global,” ujar Mohamad Nasir.

Lebih lanjut Menristekdikti juga berharap dukungan dari pemerintah daerah di Provinsi Gorontalo untuk pengembangan gedung baru UNG.

“Rasanya gedung ini belum cukup, mohon dukungan dari bapak Wali Kota dan Bupati untuk pengembangan infrastruktur di kampus baru UNG ini,” imbuhnya.

Pada kesempatan itu Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim atas nama pemerintah dan masyarakat Provinsi Gorontalo mengucapkan terima kasih kepada Menristekdikti yang telah meresmikan gedung baru UNG. Idris berharap, gedung baru tersebut akan lebih memacu semangat dan inovasi civitas akademika UNG dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Provinsi Gorontalo.

Baca juga Calon Bupati Terpilih Sampang Hadiri Rapat Penetapan Di Gedung BPU Sampang

“UMKM di sekitar kampus ini akan tumbuh, sehingga gerak ekonomi di Bone Bolango lebih bergeliat,” tutur Wagub Idris Rahim.

Gedung baru UNG mulai dibangun pada tahun 2017. Sebanyak 13 gedung dengan total luas 36.236 meter persegi akan ditempati oleh empat fakultas, yaitu Fakultas Sastra dan Budaya, Fakultas Pertanian, Fakultas Teknik, serta Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Jumlah mahasiswa yang akan pindah ke gedung baru UNG sebanyak 7.593 mahasiswa serta 469 dosen dan pegawai.

Selain meresmikan Gedung baru Kampus IV UNG, Menristekdikti juga meresmikan Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) serta menyerahkan SK dan peresmian Universitas Pohuwato dan juga melakukan dialog dengan Mahasiswa Universitas Negeri Gorontalo serta dialog dengan Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta Gorontalo. (onal)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here