Jumlah Penderita Penyakit Kusta di Sampang Tertinggi Ketiga se-Jatim

0
150
Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Sampang, Asrul Sani.

Sampang, (regamedianews.com) – Jumlah penderita penyakit  kusta yang melanda warga Kabupaten Sampang, Madura masih meningkat hingga masuk peringkat ketiga se Jatim setelah Kabupaten Bangkalan dan Sumenep.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Sampang, Asrul Sani mengatakan, meskipun jumlah penderita kusta di Sampang itu mengalami penurunan. Namun, penurunannya tidak signifikan. Karena penderita kusta tahun ini masih mencapai 322. Sedangkan tahun sebelumnya mencapai 329 penderita.

“Meski mengalami penurunan.Tapi, masih tertinggi ketiga se Jatim. Faktor penyakit kusta lebih pada perilaku dan lingkungan yang kurang bersih, serta juga dampak dari penularan dalam jangka waktu lama. Selain itu, penderita kusta umurnya 10 tahun keatas dan ini rata – rata berada di 14 Kecamatan Kabupaten Sampang,” terangnya, Senin (28/01/2019).

Lebih lanjut Asrul Sani menjelaskan, pihaknya telah berupaya maksimal agar kusta di Sampang bisa di antisipasi, salah satunya dengan melakukan pemeriksaan lewat sekolah dan masyarakat.

“Kami telah berupaya antisipasi dan himbauan agar masyarakat melakukan pemeriksaan lebih awal jika ditemukan bercak putih mati rasa untuk segera diperiksakan di Puskesmas setempat,” pungkasnya. (adi/har)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here