Rekayasa SSA Harapkan Kurangi Kemacetan di Kota Cimahi

0
461
Plt Kepala Dinas Perhubungan Kota Cimahi (Ruswanto) bersama Kepala Dinas Diskominfoarpus (Harjono) saat jumpa pers.

Cimahi, (regamedianews.com) – Kemacetan akan berdampak pada semakin tingginya tingkat polusi, memperpanjang waktu tempuh dan semakin borosnya penggunaan bahan bakar. Untuk menanggulangi hal itu, semua pihak Dinas Perhubungan Kota Cimahi merencanakan rekayasa sistem satu arah (SSA), bekerja sama dengan pemangku kepentingan lainnya.

Dalam konferensi persnya, Jumat (29/03/2019) di gedung A kantor Pemerintahan Kota Cimahi, Plt Kadishub Cimahi Ruswanto dalam keterengannya menjelaskan, uji coba ini akan dilakukan sebagai upaya mengurangi dampak kemacetan di bundaran Wilhemina, tepatnya di Simpang Jalan Sudirman – Jalan Urip Sumoharjo.


“Adanya kegiatan antar-jemput sekolah di seputaran Baros dan Sudirman menimbulkan kendaraan pengantar/jemput anak sekolah, parkir sembarangan di badan jalan hingga mempersempit ruang lalu lintas dan memperlambat laju kendaraan dibelakangnya. Hal ini mengakibatkan kemacetan, juga seputaran RS Dustira selain sering adanya perlintasan kereta api, juga sering terjadinya penumpukan parkir baik kiri maupun kanan jalan”, paparnya.

Ruswanto menambahkan, jumlah kendaraan di kota Cimahi saat ini meningkat hingga mencapai 7% dari tahun sebelumnya.

Di tempat yang sama, Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Cimahi Endang mengungkapkan, apabila tidak dilakukan sistem SSA dikhawatirkan akan terjadi perlambatan arus lalu lintas. Oleh karenanya, pihak Pemerintah Kota Cimahi melalui Dinas Perhubungan akan melakukan rekayasa lalulintas di kawasan Dustira dan Segitiga Contong.

“Berikut rute jalan saat uji rekayasa lalu lintas di Cimahi: Pertama, arus lalu lintas dari Baros mulai perlintasan kereta api (KA) sampai dengan Pusdik Armed yang semula dua arah menjadi satu arah, baik dari arah perlintasan KA ke selatan, hingga Gereja Santo Ignatius”, paparnya.

Kemudian, SSA di Jalan Sudirman, dari arah akses tol (timur) atau dari arah perlintasan KA yang akan menuju RS Dustira – Contong menuju ke barat sampai dengan persimpangan Jalan Sudirman – Jalan Urip Sumoharjo.

“Lalu, SSA di Jalan Urip Sumoharjo dari Jalan Sudirman menuju utara hingga ke Jalan Dustira. Sementara itu, arus lalu lintas yang semula satu arah dari Baros hingga ke Contong dibagi menjadi dua arah. Arus lalu lintas dari Jalan Urip Sumoharjo ke Jalan Baros”, pungkasnya. (agil)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here