Hari Lahir Pancasila, Rektor UTM: Implementasikan Nilai Pancasila dan Perkuat Persatuan

0
427
Rektor Universitas Trunojoyo Madura, Dr. Drs. Ec. H. Muh. Syarif, M.Si,.

Bangkalan, (regamedianews.com) – Universitas Trunojoyo Madura (UTM) menggelar upacara bendera memperingati Hari Lahir Pancasila. Upacara digelar di taman kampus depan Gedung Rektor UTM, Bangkalan, Madura, Jawa Timur, Sabtu (01/06/2019).

Upacara dipimpin oleh Rektor UTM, Dr. Drs. Ec. H. Muh. Syarif, M.Si,. Menurutnya, pancasila memang sebagai dasar negara dan sebagai filosofi negara serta pandangan bangsa. Sehingga menjadi keharusan dan keniscayaan bagi seluruh element, untuk memperingati dan mengamalkan nilai-nilai pancasila dalam berhidupan berbangsa dan bernegara.


Baca juga Dede Farhan Aulawi: Pancasila Tidak Bertentangan Dengan Islam

“Kami berharap peringatan hari lahir pancasila yang dilaksanakan setiap tanggal 1 Juni dengan dilakukan upacara bisa mengaplikasikan nilai-nilai pancasila itu sendiri dalam berkehidupan bermasyarakat”, kata Muh. Syarif kapada regamedianews.com saat ditemui usai pelakasanaan upacara.

Sebagai warga negara yang baik harus bisa membawa Indonesia menjadi lebih baik lagi. Mengingat bangsa Indonesia kaya bahasa dan beragam budaya, pihaknya yakin bisa menjadikan bangsa yang aman damai, sejahtera, adil dan makmur.

“Apabila kita benar – benar melaksanakan nilai nilai pancasila itu sendiri maka keharmonisan dalam bernegara akan tercipta. Sehingga kami berharap dengan peringatan hari lahir pancasila ini menumbuhkan semangat baru dengan menanamkan nilai pancasila dan menumbuhkan nilai gotong royong sebagai budaya Indonesia”, ujarnya.

Ia juga mengajak kepada seluruh element masyarakat, agar saling mengasihi dan menghargai perbedaan satu sama lain. Sehingga persatuan dan kesatuan bangsa ini menjadi suatu hal yang harus kita pegang dan pertahankan bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) adalah harga mati.

Baca juga Usai Pimpin Upacara Kesaktian Pancasila, Kolonel Sudaryanto Pimpin Kenaikan Pangkat

“Kami juga berharap kepada generasi muda terutama mahasiswa, agar terus berupaya mempelajari nilai-nilai pancasila dan mengimplimentasikan dalam kehidupan sehari hari. Karena bagaimanapun juga generasi muda atau mahasiswa ini yang akan berperan penting menjaga persatuan dan kesatuan Indonesia”, imbuhnya.

Ia yakin, apabila nilai nilai pancasila ini menjadi pendoman dalam hidup bernegara maka generasi muda atau mahasiswa ini akan memiliki tenggang rasa, saling menghargai, saling menghormati dan menjadikan negara ini adil dan makmur. (sfn/tfk)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here