Bupati Bonebol Hamim Pou Sampaikan Point Penting Kepada Lima Kabupaten Yang Tergabung Dalam BKSU

0
260
Bupati Hamim Pou menjadi salah satu narasumber pada pelaksanaan workshop BKSU yang digelar di Hotel Sri Utami, Kabupaten Buol, Sulawesi Tengah. (F.AKP)

Buol, (regamedianews.com) – Bupati Bone Bolango (Bonebol) H. Hamim Pou, S.Kom, MH menjadi salah satu narasumber dalam pelaksanaan Workshop Badan Kerja Sama Utara-Utara (BKSU) yang mengangkat Tema “Kerja Bersama Kita Bangun Sentra Pengembangan Peternakan Sapi dan Perikanan Budidaya di Wilayah Utara-Utara”, digelar di Hotel Sri Utami, Kabupaten Buol, Sulawesi Tengah, Kamis (20/06/2019).

Dalam kesempatan itu, Bupati Hamim Pou menyampaikan beberapa point penting kepada lima kabupaten yang tergabung dalam BKSU tersebut, diantaranya Kabupaten Buol Provinsi Sulawesi Tengah, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara Provinsi Sulawesi Utara, dan Kabupaten Gorontalo Utara, Kabupaten Bone Bolango, termasuk Kabupaten Boalemo Provinsi Gorontalo yang baru dikukuhkan sebagai anggota baru dari BKSU.


Baca juga Bupati Blitar: Kontingen Jumbara Jaga Kesehatan

“Pada dasarnya dalam pengembangan potensi yang dimiliki daerah, selain butuh suport dan dukungan dari Kementerian/Lembaga terkait, juga bagaimana rancangan kolaborasi hulu-hilir terbangun, sehingga bisa menguntungkan para pihak, khususnya demi kesejahteraan masyarakat”, tuturnya.

Disaat yang sama juga, Bupati Hamim Pou bicara soal kebijakan-kebijakan. Dia mengatakan, sudah hampir lima tahun ini, BKSU terus berkembang, terus menumbuhkan komitmen, dan berfokus pada pengembangan sapi dan budidaya perikanan.

Baca juga Bupati Blitar: Peranan Arsip Sebagai Pusat Ingatan dan Sumber Informasi

“Untuk sapi sendiri, Menteri Pertanian RI sudah mencanangkan di Kabupaten Bone Bolango bahwa empat daerah yang tergabung di BKSU ini ditantang menghasilkan satu juta ekor sapi. Satu juta ekor sapi itu harus bisa dihasilkan oleh empat daerah ini dalam waktu 4-5 tahun kedepan,” ujar Hamim.

Bahkan Menteri Pertanian sendiri, sudah membagi spesifikasi maupun kekhasan dari masing-masing daerah, dimana Kabupaten Buol menjadi UPT Peternakan Sapi, Bolaang Mongondow Uatara menjadi pabrik pakan ternak. Sementara Bone Bolango menjadi industri kulit sapi, penyamakan sapi. “Jadi industri hilirnya di Bone Bolango, nanti sapi-nya keluar melalui pelabuhan Anggrek di Kabupaten Gorontalo Utara”, papar Hamim.

Pantauan di lokasi kegiatan workshop tersebut dibuka secara resmi Bupati Buol Amirudin Rauf yang juga selaku Ketua BKSU, dan dihadiri Dirjen Perikanan Budidaya RI, Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan RI, Direktur PT. Bank Artha Graha, Bupati Bone Bolango Hamim Pou, Wakil Bupati Bolmong Utara, Wakil Bupati Gorut, Wakil Bupati Boalemo, dan Sekjen BKSU Fachrudin Zain Olilingo.

Tampak hadir juga, Sekda Bone Bolango Ishak Ntoma, Asisten II Tanwir Ali, Kepala Disparek Aznan Nadjamudin, Kepala Diskominfo Lukman A. Daud, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Roswaty Agus, Kepala Dinas PUPR Nirwan Utiarahman, tim kerja Bupati, Kepala Bagian HumasPro Rizal A. Djunaid, dan rombongan lainnya. (onal)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here