HUT Bhayangkara, Polres Lumajang Sajikan Pesona Alam Negeri Diatas Awan Kepada Komunitas Off Roader

0
324
Warga Lumajang antusias menyaksikan keseruan para off roader saat menjelajahi tebing gunung semeru.

Lumajang, (regamedianews.com) – Sebanyak 150 off roader yang berasal dari berbagai daerah seperti dari Kalimantan, Bali dan off roader wilayah Jawa Timur, Sabtu (22/06/2019) berkumpul di Kabupaten Lumajang.

Ada 3 rute medan yang dibuat, karena berdasarkan klasifikasi telah ditentukan untuk pemula, mahir dan rute khusus. Setiap kategori tersebut juga memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda dalam menyelesaikannya.


Baca juga Polda Jabar: Keamanan Bukan Hanya Kewajiban Polri, Tapi Juga Masyarakat

Bagi mereka yang sudah expert melalui medan yang berlumpur, melewati tebing gunung semeru yang berbentuk “V”. Selain membutuhkan keberanian, jalur tersebut juga membutuhkan jam terbang bagi sang pengemudi. Sedangkan medan khusus juga disiapkan dengan kemiringan sampai 90 derajat.

Jalur tersebut diperuntukan bagi off roder yang berani dengan tantangan yang sangat ekstrim yang tidak umum dilalui oleh peserta mahir sekalipun. Lereng yang pilih adalah jalan dengan kemiringan sampai 90 derajat. untuk melaluinya, mobil menggunakan kawat sling sebagai alat bantu untuk melewati medan-medan yang sangat ekstrim.

“150 off roder menjelajahi Lumajang selama 2 hari 1 malam. Melewati 10 kecamatan yang berada di wilayah Kabupaten Lumajang. Para offroader menginap di Desa burno menggunakan tenda, dengan suhu yang juga ekstrim dingin yaitu sekitar 22 dejarat celcius”, ujar Kapolres Lumajang AKBP. M. Arsal Sahban.

Selain rute-rute off road yang dilewati, lanjut Arsal, mereka juga melewati obyek-obyek wisata seperti Pura Mandara Giri di Kecamatan Senduro, merupakan salah satu pura tertua di Indonesia.

“Mereka juga melewati kebun teh gucialit, tebing lereng gunung semeru juga memberikan pemandangan alam yang luar biasa. Apalagi jika berkunjung pada saat waktu yang pas, akan terlihat keagungan dari gunung tertinggi di pulau Jawa tersebut”, ungkap orang nomor satu di Polres Lumajang ini.

Selain itu, menurut Arsal, berbicara tentang tempat rekreasi Lumajang juga memikiki negeri di atas awan yang dapat dikunjungi off roder dari luar daerah. Negeri diatas awan ini sendiri adalah puncak B-29 yang masih tergabung dalam wilayah Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Baca juga Kapolres Lumajang Kayuh Becak Keliling Alun-Alun Lepas Anggotanya Yang Purna Tugas

“Dengan suhu yang sangat dingin ditambah keramahan masyarakat Tengger yang mendiami wilayah tersebut, pastinya akan membuat siapapun yang datang kesana akan betah untuk berlama lama di puncak B-29”, kata Arsal.

Arsal juga mengungkapkan, wilayah Lumajang kaya akan wisata alam. Dalam rangka HUT Bhayangkara ke 73, salah satu programnya ingin membantu pariwisata Lumajang, melalui kegiatan Bhayangkara off road 2019 yang di ikuti oleh para offroader dari luar Lumajang, dapat memperkenalkan wisata Kabupaten Lumajang.

“Lumajang kaya akan wisata alam, untuk itu melalui jelajah lereng semeru ini akan dapat memperkenalkan keindahan alam Lumajang kepada masyarakat Indonesia”, terang Arsal yang juga sebagai Komandan Tim Cobra.

Sementara Kasat Lantas Polres Lumajang AKP I Gede Putu Atma Giri, juga salah satu penggemar off road mengatakan, ia salah satu penggemar off road. Melalui komunitas-komunitas off road yang dikenal, dirinya mengajak untuk ikut offroader di Lumajang.

“Tak tanggung-tanggung, ada offroader dari Kalimantan dan Bali yang ikut serta dalam kegiatan Bhayangkara Off road 2019 yang kami adakan. Mereka sangat tertarik untuk bisa menaklukkan medan di lereng semeru ini”, ujarnya. (har)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here