Pemkab Blitar Akan Adakan Lomba Eco Office

0
248
Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Blitar (Krisna Triatmanto).

Blitar, (regamedianews.com) – Dalam rangka peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-74, hari Jadi Kabupaten Blitar ke-695, dan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2019, Pemerintah Kabupaten Blitar melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) akan mengadakan lomba kantor ramah lingkungan (Eco Office).

Pelaksanaan lomba akan digelar 17 sampai dengan 18 Juli 2019, dengan peserta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Se-Kabupaten Blitar, dengan beberapa kriteria antara lain, bangunan kantor, penghematan listrik, konservasi air, penghematan kertas, kebersihan dan kerapian, pengelolaan RTH, pengurangan sampah plastik, dan pengelolaan sampah.


Baca juga Pemkab Blitar Gelar Pembukaan Tahapan Pilkades Serentak 2019

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Blitar Krisna Triatmanto mengatakan, lomba tersebut akan dilakukan penilaian terhadap semua OPD yang ada di Kabupaten Blitar, ini merupakan agenda tahunan, tapi ditahun ini ada penambahan kriteria penilaian.

“Untuk tahun kemaren masih lomba kebersihan, dan tahun ini sudah mengarah kepada Eco Office yaitu untuk kantor yang ramah lingkungan”, jelas Krisna Triatmanto saat ditemui di kantornya, Selasa (25/06).

Krisna mengatakan, jadi ada beberapa tambahan kriteria antara lain adalah untuk mengukur pola penghematan energi listrik, penghematan penggunaan kertas juga terkait dengan upaya pengurangan sampah plastik, yaitu tidak menggunakan air dalam kemasan tetapi lebih banyak menggunakan gelas.

“Itulah salah satu aspek penilaian, termasuk adanya sumur-sumur resapan dan jiga design kantor yang ramah lingkungan, itulah yang menjadi kriteria penilaian”, bebernya.

Pihaknya berupaya mendorong perkantoran di Kabupaten Blitar menjadi kantor ramah lingkungan, kantor menjadi efesien dan nyaman untuk bekerja. Untuk hadiah pemenang lomba sudah dipersiapkan sama pihaknya, seperti peralatan kantor dan peralatan kebersihan.

Baca juga Forkopimda Blitar Ziarah Ke Makam Bung Karno

“Ini dalam rangka perubahan prilaku masyarakat yang harus kita mulai dari pemerintahan, maupun pegawainya yang ramah lingkungan”, katanya.

Krisna juga berpesan untuk semua OPD agar bersama-sama memulai merintis menuju kantor yang ramah lingkungan.

“Mari kita laksanakan, hal-hal yang bisa kita laksanakan, seperti hemat listrik, hemat kertas, tidak menggunakan plastik sekali pakai, sehingga semua kegiatan tersebut bisa mendukung terciptanya lingkungan yang lestari”, paparnya. (mst)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here