Program MTU, Pelatihan Kerja Yang Dapat Dirasakan Dilingkungan Masyarakat

0
271
Saat berlangsungnya kegiatan pelatihan Mobil Training Unit di aula Kelurahan Karang Mekar, Cimahi.

Cimahi, (regamedianews.com) – Mempunyai pekerjaan merupakan keinginan setiap masyarakat, namun untuk mendapatkan itu semua, tidak semudah yang dibayangkan. Namun Melalui program pelatihan Mobil Trainning Unit (MTU), kelurahan Karang Mekar kecamatan Cimahi tengah kota Cimahi mencoba melakukan kerja bareng BBPLK Bandung.

Selain itu juga bentuk pelatihan yang akan dilaksanakan mekanik sepeda motor agar berdaya guna bagi masyarakat untuk meningkatkan daya saing di jaman era globalisasi, pembukaan kegiatan di aula kantor Kelurahan Karang mekar, Rabu (26/6/19).


Kusnadi penanggung jawab MTU mengatakan, program MTU merupakan pelatihan kerja yang dilaksanakan dilingkungan tempat tinggal warga.

Baca juga Program BSPS Tepat Waktu dan Sasaran, Dinas Perkim Kabgor Jadi Rujukan Studi Banding Karena Nyaman dan Pantas (NP)

“Program pelatihan MTU dilaksanakan berdasarkan pengajuan dari Kelurahan/kepala desa setempat, dengan syarat bersedia menyediakan lokasi pelatihan yang memadai dan menyediakan 16 peserta pelatihan”, paparnya.

Pelatihan MTU ini dilaksanakan selama 20 hari kerja (160 jam pelajaran), dengan standar pelatihan berbasis kompetensi yang mengacu pada Standard Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) dengan perbandingan 75% praktek dan 25%.

Sementara Lurah Karang Mekar Muhamad Nur Efendi, AP.,M.Si mengatakan, kegiatan positif ini sudah dua kali dilaksanakan di wilayahnya.

“LPM sudah melaksanakan fungsinya, karena itulah fungsinya lembaga. Dibentuk untuk dirasakan keberadaannya, khususnya untuk masyarakat dalam rangka proses pelaksanaan pelatihan”, ungkap Nur.

Nur berharap setelah mendapatkan pelatihan, para pserta bisa langsung mendapatkan pekerjaan/usaha yang layak. Mudah-mudahan juga bisa menularkan ilmunya kepada orang yang membutuhkan.

Baca juga Program BPNT Gunakan Data Lama, Bangkalan Dianggap Belum Siap Salurkan Bantuan Pemerintah

“Kami mengucapkan terima kasih kepada bapak lurah Karang Mekar yang telah membuka pelatihan MTU ini. Karena dengan adanya pelatihan ini, kami bisa menimba ilmu dibidang mekanik sepeda motor”, ucap Nur Hadi, salah satu peserta pelatihan. (agil)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here