Nukar Sampah Bisa Dapat Tiket Sakoci

0
251
Ketua Komunitas Sampah (Eva) saat menaiki Sakoci.

Cimahi, (regamedianews.com) – Kini untuk mendapatkan ticket Saba Kota Cimahi (SAKOCI) tidak harus dengan membelinya dengan uang, melainkan dengan menukarkan sampah atau menabungnya ke Bank Sampah Induk Cimahi (SAMICI).

Masyarakat boleh datang berbondong-bondong ke pendopo kantor DPRD kota Cimahi untuk menukarkan sampah bawaannya, ditukar dengan ticket SAKOCI.


Hal tersebut disampaikan Eva Ketua Komunitas Sampah di atas SAKOCI saat melaju mengelilingi tempat wisata dikota Cimahi. “Saya melihat Cimahi punya potensi, dengan SAKOCI_nya, tapi kok ticketnya mahal”, ucapnya, Minggu (28/07/2019).

Masyarakat banyak menganggap sepele padahal sampah plastik, logam, kaca, elektronik bisa menjadi nilai jual. Maka dari itu pihaknya ingin berperan aktif memberikan solusi, selain bisa merubah prilaku masyarakat menjaga kebersihan juga sekaligus bisa mendapatkan ticket SAKOCI.

“Maka_nya kami jadi kepikiran, karena kalau dilihat Cimahi punya potensi wisata di dukung dengan Sakocinya. Jadi, sambil merubah prilaku untuk skala rumah tangga karena itu tanggung jawab masing masing. Dengan kegiatan ini masyarakat bisa memilah dan mengumpulkan barang yang sudah dianggap sampah, untuk disetorkan dan di konversikan dengan ticket SAKOCI”, paparnya.

Terpisah Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cimahi Moh. Ronny menyambut baik kegiatan pengolahan sampah yang dikaitkan dengan lain, walau kecil pengelolaannya namun tetap akan berdampak. “Kita tukar sampah dengan ticket wisata itu luar biasa”, ujar Ronny, Senin (29/07).

Harapannya, semoga ini bisa menjadi kampanye mengenai pengurangan sampah, juga menjadi program Zero West yaitu bagaimana cara mengurangi sampah dengan cara memilah sampah organik dan an organik.

Sekedar diketahui, kegiatan ini menggandeng dinas Lingkungan Hidup, Disbuparpora kota cimahi serta komunitas Gerakan Pungut Sampah (GPS). Juga perlu diketahui bahwa audah terbentuk 96 unit bank sampah di Cimahi. (agil)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here