Ratusan Buruh di Cimahi Demo Penolakan Revisi UUD Ketenaga Kerjaan

0
332
Korlap aksi demo para buruh di Cimahi saat menyampaikan orasinya.

Cimahi, (regamedianews.com) – Ratusan buruh dari berbagai aliansi serikat buruh se-kota Cimahi mendatangi kantor DPRD kota Cimahi untuk meminta rekomendasi penolakan rencana Pemerintah dan DPR RI terkait revisi Undang Undang (UU) NO 13 th 2003 tentang ketenaga kerjaan, Selasa (20/8/2019).

Mereka merupakan buruh pabrik industri di Cimahi Selatan yang menjadi anggota serikat pekerja dan serikat buruh dari KPSPSI, SPN, SBSI 1992 dan FS PMI Kota Cimahi.


Sementara disela aksinya Edi Suherdi ketua SPSI kota Cimahi mengungkapkan, tidak hanya masalah revisi undang-undang, tetapi buruh juga menolak revisi Peraturan Pemerintah nomor 78 tahun 2015 dan menolak rencana kenaikan iuran BPJS Kesehatan.

“Naiknya iuran BPJS untuk peserta mandiri menjadikan kebijakan yang kontra produktif, tidak ada rada empaty terlebih pertumbuhan ekonomi sedang lesu dengan menurunnya daya beli masyarakat”, tandasnya.

Pada kesempatan tersebut, perwakilan pengunjukrasa diterima oleh Wakil Ketua DPRD Kota Cimahi Bambang Purnomo dan Wahyu Widyatmoko serta Ketua Komisi IV Ayis Lavilianto.

Kesimpulan, segala tuntutan aksi demo akhirnya semua di penuhi oleh pimpinan dewan dengan menandatangani rekomendasi yang dibacakan Wahyu Widiyatmoko didepan peserta aksi, selanjutnya untuk disampaikan kepada bapak Presiden melalui Kementrian Tenaga Kerja.

Sementara AKBP Rusdy Pramana Suryanagara saat dikonfirmasi regamedianews.com menjelaskan, pada aksi kali ini pihaknya menerjun sekitar 340 personil termasuk Brimob Polda Jawa Barat.

“Pengamanan ini sesuai perintah pimpinan bapak Kapolda, bahwa kami harus bisa memberikan pelayanan pengamanan kepada massa  aksi demo, melayani dengan maksimal sampai selesai”, ujarnya.

Untuk pengawalan sendiri, pihaknya lakukan dari 3 titik kumpul mulai dari kawasan industri, Cimahi Selatan hingga ke pusat titik di kantor dewan.

“Kita akan terus fasilitasi sampai bertemu dan diterima pimpinan dewan, hingga aspirasi mereka ditampung sampai masa aksi membubarkan diri dengan tertib”, pungkasnya.

Dalam aksi tersebut, Polres Cimahi sampai menerjunkan ratusan personel, pada aksi tersebut terlihat Rusdy Pramana Suryanagara Kapolres Cimahi turun langsung mengaman kan aksi.

Pada kesempatan tersebut sejumlah perwakilan aliansi serikat buruh di terima Wakil ketua DPRD Bambang Purnomo, Wahyu Widiyatmoko dan ketua komisi lV Ayis Lavilianto untuk bernegosiasi.

Sejumlah protes dan usulan terkait ketenaga kerjaan di ajukan kepada tiga dewan tersebut, sampai pada akhirnya di sepakati penandatanganan atas usulan perwakilan aliansi buruh yang dibacakan Wahyu Widiyatmoko di atas kendaraan orasi. (agil)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here