Dispertan Sampang Gelontorkan 2,3 Miliar Untuk Pembangunan Sumur Pompa dan Irigasi

0
474
Kantor Dinas Pertanian Kabupaten Sampang.

Sampang, (regamedianews.com) – Dinas Pertanian Kabupaten Sampang mengalokasikan anggaran pembangunan 11 proyek Sumur Pompa dan 6 Irigasi Tanah Dangkal, yang kini tengah dikerjakan secara swakelola oleh 16 Kelompok Tani (Poktan) Kabupaten setempat.

Dari 11 proyek Sumur Pompa itu semuanya menelan anggaran sebesar Rp. 1 miliar 650 juta, dengan rincian anggaran per unit Rp 150 juta. Sedangkan untuk anggaran pembangunan 6 lokasi irigasi tanah dangkal tersebut sebesar Rp. 720 juta, dengan rincian anggaran sebesar Rp. 120 juta per unit.


Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sampang, Suyono mengatakan, pihaknya kini tengah membangun saluran irigasi tanah dangkal dan sumur pompa menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) reguler tahun anggaran 2019.

“Setiap tahun program pembangunan proyek itu terus mengalami penurunan”, kata Suyono, Kabid Tanaman Pangan dan Holtikultura Disperta Sampang, Jumat (18/10/2019).

Tahun ini, lanjut Suyono, Dispertan hanya bisa membangun 11 unit sumur pompa dengan anggaran Rp.150 juta per unit. Sementara, untuk irigasi tanah dangkal sebanyak 6 unit dengan masing-masing unit Rp. 120 juta.

Suyono juga menjelaskan, 11 unit sumur pompa dan 6 unit Irigasi tanah dangkal tersebut diterima langsung oleh Poktan yang ada di lima kecamatan yakni, Camplong, Jrengik, Tambelangan, Banyuates dan Sampang.

“Uangnya masuk ke rekening masing-masing Poktan yang menerima dan juga pekerjaannya dikerjakan sendiri oleh Poktan, dan Disperta hanya pembina”, pungkasnya. (adi/hari)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here