Disporabudpar Sampang Gelar POR Tingkat SD/MI dan Tradisional

0
513
Keseruan beberapa murid tengah mengikuti pekan olah raga jenis tenis meja, di Gor Indoor, Sampang.

Sampang, (regamedianews.com) – Pemerintah Kabupaten Sampang melalui Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Kabupaten setempat menggelar Pekan Olahraga (POR) tingkat Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI) dan POR Tradisional Kabupaten setempat tahun 2019, Senin (25/11/2019).

Tujuan digelarnya PON SD/MI dan Tradisional tersebut guna meningkatkan SDM Siswa Tingkat SD/MI, melalui peningkatan kesehatan dan mental jasmani serta rohani.


Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Disporabudpar Kabupaten Sampang Imam Sanusi melalui Kabid Olahraganya Ainur Rofiq mengatakan, selain meningkatkan SDM juga membentuk watak kepribadian siswa dengan menjunjung tinggi disiplin, kerjasama, dan sportifitas tinggi dalam mencapai prestasi.

“Memupuk jiwa persatuan, kebersamaan, persaudaraan, persahabatan antar siswa, mengukur pencapaian atlet usia dini dan mencetak serta melahirkan atlet usia dini menjadi andalan Kabupaten Sampang di masa depan”, kata Ainur Rofiq.

Lebih lanjut Ainur Rofiq mengatakan, pihaknya selain menggelar POR SD/MI juga mensosialisasikan POR Tradisional di tingkat Kecamatan se Kabupaten Sampang untuk persiapan keikutsertaan pada kegiatan di tingkat Provinsi Jawa Timur.

“Tujuan digelarnya PON Tradisional ini untuk melestarikan, mengembangkan dan menjaga kelangsungan serta kesinambungan Olahraga Tradisional yang dapat menciptakan kondisi bugar”, tuturnya.

Menurutnya, hidup bugar harus dibangun dan diimbangi dengan peningkatan kesegaran jasmani. Sehingga, memungkinkan seseorang memiliki tingkat daya tahan, untuk mampu melakukan aktivitas sehari-hari, tanpa terasa lelah dan biaya besar serta menghasilkan kerja fisik atau non fisik secara maksimal.

Beberapa siswi tampak serius mengikuti pertandingan pekan olah raga jenis catur.

Ainur Rofiq berharap, kegiatan POR itu dapat berjalan dengan baik dan lancar sesuai yang diharapkan, apabila seluruh lapisan masyarakat turut berpartisipasi mensukseskan dan mengikuti Pekan Olahraga Tradisional Tingkat Kabupaten Sampang Tahun 2019.

“Peserta maupun panitia penyelenggara serta semua pihak dapat menerapkan prinsip kebersamaan serta keterpaduan dalam menangani tugas masing-masing dengan penuh tanggung jawab”, pungkasnya.

Sekedar diketahui, jumlah atlit dan official POR SD 503 orang dari 7 Cabang Olahraga (Cabor) yang dipertandingkan yakni, Altetik, Catur, Bulutangkis, Sepak Takraw, Volli dan Tenis Meja yang akan digelar pada tanggal 25 hingga 27 November 2019.

Sedangkan, jumlah atlit dan official POR Tradisional sebanyak 150 orang dari 3 Cabor yang dipertandingkan yakni, Egrang, Terompah Panjang, Hadang (Gopak sodor) yang akan dilaksanakan pada 26 hingga 29 2019. (Adv)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here