Jokowi Pilih Kota Cimahi Menjadi Tempat Pencanangan “Gerakan Bersama Menuju Eliminasi TBC 2020”

Presiden RI (Joko Widodo) dihadapan masyarakat Cimahi, di Gedung Techno Park.

Cimahi, (regamedianews.com) – Bertempat di Gedung Techno Park, Kota Cimahi, Presiden RI Joko Widodo mencanangkan “Gerakan Bersama Menuju Eliminasi TBC 2030”, Rabu (29/01/2020). Dipilihnya Kota Cimahi sebagai tempat pencanangan gerakan nasional Eliminasi TBC 2030 ini karena kiprah positif yang ditunjukkan oleh Perkumpulan Pemberantasan Tuberkulosis Indonesia (PPTI) Kota Cimahi dalam membantu pemberantasan TB.

Ketua PPTI Kota Cimahi, dr. Zakaria mengatakan, penilaian positif terhadap Kota Cimahi tidak terlepas dari hubungan yang baik antara Dinas Kesahatan Kota Cimahi dan PPTI, dalam upaya bersama memberantas Tuberculosis di Kota Cimahi.

Baca Juga tim cobra ringkus emak emak bandar sabu

“Hubungan kemitraan ini sangat penting, mengingat pengobatan penyakit TB ini memakan waktu yang cukup lama, yakni 6 bulan pengobatan tanpa terputus. Kami bersama Dinas Kesehatan berkonsentrasi bagaimana pengobatan ini benar-benar bisa dilakukan dengan displin,” ujar Zakaria.

Dalam sambutannya Presiden RI Joko Widodo menekankan dalam rangka membangun SDM unggul sebagai prioritas utama dalam lima tahun ke depan, manusia Indonesia dituntut untuk selalu sehat. “Oleh karena itu, saya mendukung keras kegiatan bersama menuju eliminasi TBC di 2030 ini,” tutur Jokowi, Rabu (29/01).

Jokowi menilai, jika masyarakat tidak sehat dampaknya akan merembet kemana-mana. Ia juga memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada lembaga, yayasan, puskesmas serta kader-kader pemberantasan tuberculosis. “Fokusnya bukan pengobatan, tapi pencegahan penyakit itu lebih diperlukan,” tandasnya.

Jokowi berharap, pencanangan ini adalah sebagai momentum akselerasi dalam upaya pencegahan dan penanggulangan TBC di Indonesia, dalam rangka menuju eliminasi tahun 2030.

Baca Juga puluhan desa tertinggal di bangkalan terancam tak dapat bantuan

Disela lain, Presiden RI didampingi Gubernur Jawa Barat dan Wali Kota Cimahi melakukan kunjungan singkat ke Puskesmas Cimahi Selatan yang letaknya tidak jauh dari Techno Park tempat acara berlangsung. Presiden menyaksikan secara langsung bagaimana pelayanan dilakukan di puskemas dan berdialog langsung dengan petugas dan warga masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut Jokowi menekankan, bahwa Puskesmas itu pusat kesehatan masyarakat, bukan pusat pengobatan masyarakat. “Puskesmas itu menyehatkan masyarakat, bukan pusat pengobatan masyarakat. Artinya, puskesmas dirancang untuk mencegah penyakit,” jelasnya. (agil)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

..