Dana Desa di Sampang Dapat Digunakan Untuk Pencegahan Covid-19

Ilustrasi

Sampang, (regamedianews.com) – Pemerintah Desa (Pemdes) di Kabupaten Sampang, Madura, bisa menggunakan Dana Desa (DD) tahun 2020, dalam upaya pencegahan dan penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19).

Kabid Bina Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (D-PMD) Kabupaten Sampang Suhanto mengatakan, Pemdes yang ada di Kabupaten Sampang supaya menggunakan DD dalam upaya pencegahan covid-19.

Bacaan Lainnya

Selain itu, pihaknya sudah mengadakan rapat dengan mengundang Dinas Kesehatan, tentang dari sisi mana saja yang bisa di anggarkan oleh desa. Karena, ini terkait surat pertanggung jawaban desa.

“Ini memang sudah menjadi kebutuhan emergency. Kemudian, tindakannya dilakukan oleh Pemerintah Daerah,” ujar Suhanto, Selasa (24/3/2020).

Ia menjelaskan, Pemdes yang pihaknya fasilitasi semuanya meminta kepastian dalam hal apapun yang bisa dianggarkan oleh desa, agar tidak menjadi benturan.

Dari hasil rapat terkait Covid-19, DD tersebut bisa digunakan untuk anti septik, obat semprot, masker dan sosialisasi serta publikasi. Hal itu nanti yang akan dilakukan oleh Pemerintah Desa.

“Anngaran DD yang digunakan oleh Pemdes sebesar Rp. 15 juta hingga 20 juta. Ini bukan pemotongan, kita fasilitasi bagaimana desa untuk menganggarkan,” pungkasnya. (adi/har)

Pos terkait