Merasa Terganggu, Oknum Warga Bandung Barat Racun Monyet Berbuntut Panjang

Dua ekor monyet berbuntut panjang mati usai diracun.

Bandung Barat || Rega Media News

Setelah tesiar video di media sosial (medsos) ada 3 kera ekor panjang tergeletak di sebuah parit kering di Kampung Andir, Desa Gudang Kahuripan, Kecamatan Lembang dalam keadaan lemas dan hampir mati.

Bacaan Lainnya

Kera ekor panjang yang habitatnya di hutan belakang kampung tersebut, diracun oleh oknum warga. Kejadiannya, pada Sabtu (18/7/2020) sore.

Ketua RW 6, Kampung Andir, Desa Gudang Kahuripan, Kecamatan Lembang Ipung Saepul (44) mengatakan, monyet tersebut diracun oleh warga yang memiliki lahan pertanian di lembah Cadas Gantung.

“Jadi memang ada warga di RW sini yang bilang sudah meracun monyet itu dengan temix racun tikus. Dia itu kesal karena sayurannya habis terus dijarah monyet,” ungkap Ipung, Minggu (20/07/20).

Monyet yang diracun pertama kali ditemukan pemuda setempat. Dari tiga ekor monyet yang diracun, dua ekor akhirnya mati sementara seekor lagi berhasil diselamatkan.

“Tiga ekor itu dua mati, lalu kita kuburkan. Satu ekor monyet lagi berhasil kita selamatkan, kita sempat kasih air kelapa,” terangnya.

Pihaknya kemudian menegur oknum warga tersebut. Sebab meskipun mengganggu namun meracun monyet tersebut juga hal yang tidak dibenarkan.

“Kita sudah tegur yang bersangkutan dia mengakui salah dan sudah minta maaf juga. Kemarin sempat didatangi Babinsa juga, katanya jangan diulangi kalau tidak nanti bisa diproses hukum,” bebernya.

Fenomena turunnya monyet liar ke permukiman warga itu sudah berlangsung sejak lima bulan belakangan. Terakhir, seekor monyet yang hendak menyebrang di Jalan Raya Lembang mati tertabrak motor yang sedang melintas.

“Harapannya dari pemerintah setempat bisa turun dan mencari jalan keluarnya. Karena kasihan juga warga kalau terus-terusan diganggu sama monyet meskipun di satu sisi juga kasihan karena kelaparan dan habitatnya terganggu,” ujarnya. (wie/agil)

Pos terkait