Pengabdian Kepada Masyarakat UTM Berikan Penyuluhan Berupa Video Tentang Covid-19

Ketua Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat UTM (Dinda Rizki Tiara) saat menyerahkan video penyuluhan tentang covid-19 kepihak Puskesmas Kowel, Pamekasan.

Pamekasan || Rega Media News

Kasus Covid 19 di Jawa Timur saat ini terus melonjak, meskipun telah memasuki masa new normal. Saat new normal ini kondisi di masyarakat perlahan berubah dengan harapan menerapkan protokol kesehatan saat melaksanakan kegiatannya.

Bacaan Lainnya

Namun, sayangnya sebagian dari masyarakat justru berpikir jika masa ini telah aman, sehingga mengurangi kewasapadaan terhadap virus Covid 19. Hal ini dikatakan Ketua Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Trunojoyo Madura (UTM), Dinda Rizki Tiara.

Menurutnya, selain keadaan new normal yang mempengaruhi kewaspadaan masyarakat, informasi yang beredar pun banyak bermain peran.

“Informasi yang beredar harus dekat dengan masyarakat, sehingga perhatian masyarakat dengan isi berita atau informasi tersebut bisa tinggi dan hasilnya sesuai dengan harapan pada berita tersebut,” ujar Dinda.

Ia juga mengatakan, informasi yang saat ini ada di masyarakat kurang dekat dengan masyarakat itu sendiri seperti realita dan bahasa yang digunakan, sehingga berita yang ada kurang diperhatikan.

“Berdasarkan hasil dari wawancara dan observasi lapangan dirasa perlu adanya penyuluhan sebagai media untuk masyarakat mendapatkan informasi,” ucap Dinda.

Informasi ini disampaikan dengan latar wilayah masyarakat Kowel, Pamekasan, dan menggunakan bahasa Madura yang digunakan oleh masyarakat.

Kerjasama pada kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat UTM yang digawangi oleh DPL KKN, Dinda Rizki Tiara, M. Pd dengan Kepala UPT Puskesmas Kowel DR.dr. Siswanto Pabidang, SH.MH, dilaksanakan pada hari Kamis (13/8/20), dengan memberikan penyuluhan berupa video untuk masyarakat sekitar.

“Terdapat harapan bahwa video ini mampu menjadi media informasi bagi masyarakat Kowel dan sekitarnya untuk menghindari virus Covid 19 ini,” ujar Adriana Pakendek, SGz, SH,MH, MM, M.Si selaku Ketua Dharma Wanita UPT Puskesmas Kowel Pamekasan dan Ketua Pokja IV TP PKK Kabupaten Pamekasan.

Setelah diberikan pada pihak puskesmas, video tersebut akan disebarkan ke masyarakat, sebagai bentuk penyuluhan secara daring dengan tujuan memutuskan mata rantai penyebaran virus Covid 19. (tfk/red)

Pos terkait