Puskesmas Robatal Rutin Lakukan Kegiatan Penjaringan dan BIAS

Petugas kesehatan dari Puskesmas Robatal saat melakukan kegiatan penjaringan dan Bulan Imunisasi Anak Sskolah (BIAS).

Sampang || Rega Media News

Walaupun ditengah pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) tak menjadi halangan bagi tenaga kesehatan (Nakes) UPTD Puskesmas Robatal, Kecamatan Robatal, Kabupaten Sampang, Madura, dalam menjalankan tugasnya sebagai pelayan kesehatan masyarakat dengan melakukan kegiatan penjaringan dan Bulan Imunisasi Anak Sskolah (BIAS).

Bacaan Lainnya

Kepala UPTD Puskesmas Robatal, Dwi Rusmanto mengatakan, dalam masa pandemi Covid-19 kegiatan rutinitas Puskesmas diantaranya, penjaringan dan BIAS yang meliputi screening Kesehatan dan penyuntikan vaksin kepada siswa SD/MI tetap berjalan dengan penerapan Protokol Kesehatan (Prokes).

“Target pelaksanaan program 100% bisa tercapai dengan target sasaran penjaringan SD/MI sejumlah 65 sekolah. Sedangkan BIAS targetnya adalah SD/MI sejumlah 65 sekolah, TT WUS MA/SMA/SMK 25 sekolah di semua wilayah kerja Puskesmas Robatal dalam kurun waktu September s/d Desember harus selesai. Pelaksanaan nya secara serentak dengan pembentukan tim nakes yang diterjunkan ke masing-masing desa melakukan kegiatan ini,” katanya. Senin (14/09/2020).

Dwi Rusmanto menambahkan, bagi sekolah yang belum buka, pihaknya terus berupaya melakukan kunjungan ke rumahnya (sweeping) masing-masing siswa agar program ini benar-benar terlaksana dengan baik.

“Kegiatan Penjaringan dan BIAS ini hanya dilakukan satu tahun sekali. Tujuan Penjaringan ini untuk pemeriksaan beberapa bagian/organ tubuh manusia, mulai dari pemeriksaan mata, telinga, sampai dengan cek golongan darah. Sedangkan, BIAS sangat penting bagi anak karena untuk mencegah berbagai penyakit menular seperti difteri, pertusis,” pungkasnya. (adi/har)

Pos terkait