Bupati Pamekasan Saat Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila

Bupati Pamekasan sat menjadi inspektur upacara dihari kesaktian Pancasila

Pamekasan || Rega Media News

Bupati Pamekasan Baddrut Taman menjadi inspektur upacara dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila yang dilaksanakan di Mandhapa Agung Ronggosukowati, Kamis (01/10/20).

Bacaan Lainnya

Upacara secara terbatas dan tetap mengikuti prokes Covid-19 tersebut dihadiri oleh sejumlah anggota forum pimpinan daerah (Forkompinda) mulai dari Ketua DPRD Fathor Rohman, Kapolres Pamekasan AKBP Apip Ginanjar, Komandan Kodim Pamekasan Letkol Inf Tejo Baskoro, Kepala Kantor Kejaksaan Pamekasan Mukhlis, serta diikuti anggota TNI-Polri dan Satpol PP Kabupaten Pamekasan.

Menurut Baddrut Tamam dalam sambutannya, Kesaktian Pancasila kembali diuji dengan adanya pandemi tahun ini. Karena itu dia mengajak tetap semangat mengamalkan nilai-nilai Pancasila, khususnya selama pandemi. Salah satunya dengan selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap acara yang digelar Pemkab Pamekasan.

“Karena itu harus menjadi kebiasaan baru bagi mayarakat dan Pemerintah Kabupaten Pamekasan untuk selalu menggunakan masker, sering mencuci tangan dengan sabun, dan hand sanitizer, serta menjaga jarak,” tutur Baddrut Tamam.

Bagi Baddrut, Pancasila itu sakti karena bisa menyatukan dan merekatkan semua warga negara Indonesia. Dengan Pancasila, perbedaan suku, ras, dan budaya bisa terlihat damai dan selalu mengedepankan persatuan bangsa dan kepentingan negara.

“Saktinya Pancasila karena menjadi perekat, menjadi titik temu di antara sekian banyak kepentingan-kepentingan,” katanya.

Untuk mengenang para pejuang Pancasila, ia mengingatkan untuk mendoakan para pejuang serta menjaga dan merawatnya. “Terima kasih kepada para pejuang yang telah menyusun, merumuskan dan membumikan Pancasila sehingga menjadi titik temu pemersatu bangsa,” tandasnya.

Ditemui usai upacara, Baddrut Tamam mengatakan, upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2020 ini digelar sesuai protokol kesehatan dengan penuh keterbatasan karena sedang masa pandemi.

“Upacara Hari Kesaktian Pancasila digelar secara terbatas, tetapi tidak mengurangi rasa hormat dan khidmat serta kecintaan kita untuk Indonesia,” ujar mantan anggota DPRD Provinsi Jawa Timur ini.

Dalam kesempatan itu, Baddrut Tamam juga memberikan tali asih kepada para veteran. “Pemberian tali asih ini tidak seberapa dibandingkan dengan jasa-jasa para pahlawan. Namun ini sebagai bentuk penghargaan Pemerintah Kabupaten Pamekasan kepada para pejuang yang telah berjasa besar bagi bangsa dan negara ini,” pungkasnya.(Adv/heb)

Pos terkait