Peluang Bisnis Online di Masa Pandemi

  • Bagikan
Ira (Mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura).

Bisnis Online merupakan sistem atau cara pemasaran melalui internet, berbisnis secara online juga terbilang sangat mudah dan tidak membutuhkan banyak biaya. Saat ini bisnis online sedang banyak diminati oleh banyak orang terutama, mahasiswa yang membutuhkan pemasukan sehari-hari agar tidak menyusahkan orang tua. Tidak sedikit juga anak muda berhasil meraih kesuksesannya hanya berbisnis online.

Pandemi Corona atau COVID-19 tak selalu menjadi ancaman untuk orang-orang yang berbisnis. Di masa ini, peluang bisnis online sedang berkembang pesat. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat ada peningkatan 31% dari pola belanja online atau daring selama pandemi.

Pola baru ini bisa menjadi peluang bagi mahasiswa ataupun orang-orang yang ingin memulai atau mengembangkan bisnis online. Bisnis secara online tentu sangat menguntungkan selama pandemic COVID-19 saat ini, karena kita diwajibkan untuk melakukan physical distancing.

Selain itu, informasi mudah menyebar di media sosial, dan itu dinamakan pemasaran atau iklan secara gratis. Beberapa sector bisnis rintisan kian popular dan menguntungkan, beberapa diantaranya adalah jasa e-commerce, edutech, dan Kesehatan.

Jadi, buat pelaku bisnis dan wirausahawan harus bertindak cepat melihat peluang di masa pandemic ini. Jangan menunggu waktu lama untuk berpindah ke bisnis online. Selain pelaku bisnis, pola belanja konsumen juga mulai bergeser. Saat ini konsumen sudah mulai berpindah ke tren baru, yaitu marketplace online.

Kita sudah tahu bahwa bisnis online tetap memiliki peuang besar karena memiliki potensi dan fungsi kanal digital yang bermanfaat untuk kegiatan usaha. Selain itu, riset pasar, bisa juga untuk promosi, membangun loyalitas, dan peningkatan layanan pelanggan.

Dalam kesempatan ini, saya menyarankan penjual untuk membuat strategi bisnis yang tepat. Tujuannya agar mereka tak kalah saing dengan penjual bisnis online lainnya. Sebagai penjual harus mempunyai strategi yang tepat agar tidak kalah saing.

Internet tidak hanya digunakan untuk menjual barang tetapi bisa bisa dipakai untuk mengedukasi produk. Layanan pelanggan atau after sales perlu dijaga agar pelanggan mau Kembali. Tren belanja online memang sedang popular, tapi ingat, pelaku bisnis dan konsumen tetap dihimbau mematuhi protocol Kesehatan selama proses jual beli.

Oleh: IRA
Mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Klik disini??
Ada Informasi??
Selamat Datang Di regamedianews.com
Silhkan Sampaikan Informasi Anda !!!!