Lepas Perhatian Pemerintah, Warga Arosbaya Bangkalan Swadaya Perbaiki Jalan Rusak

  • Bagikan
Warga Arosbaya Bangkalan saat secara swadaya memperbaiki jalan yang rusak.

Bangkalan || Rega Media News

Sebagai wujud kepedulian untuk keselamatan dalam berlalu lintas, warga Kecamatan Arosbaya, Bangkalan, Madura, secara swadaya memperbaiki kerusakan ruas jalan penghubung empat Desa.

Salah satu tokoh pemuda, Muhay menuturkan, perbaikan secara swadaya ini dilakukan setelah masyarakat musyawarah untuk mendapatkan dukungan warga sekitar, melalui para tokoh masyarakat.

Setelah adanya kesepakatan, warga mengumpulkan uang sesuai dengan kemampuannya. Kemudian uang digunakan untuk membeli campuran pasir dan batu, guna menambal jalan yang rusak dan berlubang.

“Jalan yang kami lintasi sudah rusak dan sering dikeluhkan. Oleh sebab itu warga swadaya melakukan perbaikan jalan,” katanya, Rabu (03/02/21).

Pihaknya mengatakan, inisiatif tersebut berawal dari bincang-bincang para pemuda dan masyarakat setempat, untuk melakukan perbaikan jalan tersebut, sehingga akhirnya diperoleh kesepakatan mengumpulkan dana dari warga, untuk memperbaiki jalan itu.

Sekertaris Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) Sayap Partai PDIP Nizar Ari mengatakan, kegiatan yang dilakukan warga tersebut, sama sekali tidak untuk menghina atau menyindir pemerintah daerah, terkesan lamban memperbaiki kerusakan jalan yang merupakan akses warga, melainkan hanya bentuk kepedulian warga. Tapi, dirinya berharap pemerintah untuk segera melakukan perbaikan secara permanen.

“Jujur perbaikan yang kami lakukan tulus untuk perbaikan dan jalan ini untuk kepentingan warga. Jadi, tidak ada niat untuk nyindir. Melainkan kami hanya khawatir apabila dibiarkan rusak seperti ini banyak yang jatuh dan menimbulkan kecelakaan lalu lintas,” ujarnya.

Kerusakan Jalan Raya di Kecamatan Arosbaya tersebut menghubungkan empat Desa, diantaranya Desa Berbelluk, Candageh, Karang Pao dan Tambegan. Jalan tersebut juga sebagai akses utama ke wisata Religi Aer Mata Ebuh. Untuk itu warga bergotong royong patungan untuk memperbaiki jalan yang rusak.

Perbaikan jalan secara swadaya oleh warga ini mendapat perhatian dari salah satu anggota Komisi A DPRD Bangkalan Agus Suwito. Dia sangat mengapresiasi sikap warga setempat yang peduli terhadap jalan yang rusak. Menurutnya, warga sigap memperbaiki jalan rusak karena khawatir membahayakan pengendara.

“Warga mungkin merasa tidak enak karena jalan tersebut merupakan akses ke wisata religi Aer Mata Ebuh, akhirnya diperbaiki secara swadaya,” ujarnya.

Melihat kekompakan warga, Anggota Dewan Dapil I (Arosbaya, Bangkalan, Socah) tersebut juga ikut membantu perbaikan jalan. Agus juga mendorong pemerintah agar segera memperbaiki jalan tersebut sehingga warga dan pengunjung wisata religi tidak khawatir lagi.

“Semoga pemerintah daerah secepatnya untuk memperbaiki dan warga juga berencana akan meperbaiki akses jalan di Desa Tengket. Karena, ini merupakan akses utama bagi warga khususnya para pengunjung wisata religi Aer Mata Ebuh,” pungkasnya. (sfn/sms)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Klik disini??
Ada Informasi??
Selamat Datang Di regamedianews.com
Silhkan Sampaikan Informasi Anda !!!!