Bupati Sampang Sampaikan Lima Program Prioritas Pada Musrenbang RKPD 2022 Kecamatan Robatal

  • Bagikan
Bupati Sampang berdampingan Wakil Bupati Sampang, anggota DPRD Sampang dan Camat Robatal saat Musrenbang RKPD Tahun 2022 di Kecamatan Robatal.

Sampang || Rega Media News

Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kegiatan Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2022 di Kecamatan Robatal, Kabupaten Sampang, Madura, mengusung tema Peningkatan dan Pemerataan Pembangunan Infrastruktur dalam Mendukung Pemantapan Pemulihan Ekonomi Menuju Sampang Hebat Bermartabat.

Musrenbang RKPD 2022 Kecamatan Robatal ini merupakan forum  pembahasan hasil daftar usulan desa di lingkup kecamatan baik di bidang infrastruktur, sosial budaya, ekonomi maupun pemerintahan.

Camat Robatal H. Ahmad Firdausi menyampaikan, daerahnya sangat tertinggal dibandingkan dengan Kecamatan lain di Sampang. Bahkan, jika pada saat musim hujan kerap terjadi lonsor juga sebaliknya pada saat musim kemarau terjadi kekeringan.

“Berharap Bupati Sampang bisa memperhatikan kondisi ini. Namun, Kecamatan Robatal memiliki potensi yang bisa menunjang perekonomian warga. Yakni, padi, kedelai, kerajinan tangan dan pembuatan sandal jepit,” pungkasnya, Rabu (10/02/2021).

Sementara, Bupati Sampang H Slamet Junaidi menyampaikan, dalam Musrenbang RKPD 2022 Robatal ini ada lima prioritas utama pembangunan. Yakni, peningkatan kualitas dan pemerataan pembangunan infrastruktur yang berkelanjutan. Pemantapan pemulihan ekonomi melalui penguatan sektor unggulan dan peningkatan nilai tambah.

Selain itu, peningkatan ketahanan sosial masyarakat melalui pengentasan kemiskinan, peningkatan pendidikan dan sistem kesehatan serta sarana dan prasarana dasar.Peningkatan kualitas pelayanan publik melalui reformasi birokrasi dan inovasi daerah serta peningkatan harmonisasi kehidupan kehidupan sosial masyarakat.

“Permasalahan infrastruktur di Robatal ini diharapkan berangsur-angsur dapat diatasi, baik dari segi kuantitas maupun kualitas pembangunan jalan di tanah-tanah yang labil kita arahkan agar dibangun dengan betonisasi,” ujarnya.

Lebih lanjut H Slamet Junaidi menuturkan, bahwa ingin Camat mencermati pembangunan yang sudah dilakukan di wilayahnya seperti apa pemanfaatannya apakah outcome-nya dapat dirasakan oleh masyarakat atau bagaimana.

“Untuk tahun ini ada beberapa pekerjaan fisik di Kecamatan Robatal yang diharapkan bisa mempercepat pemulihan ekonomi kita mudah-mudahan refocusing yang informasinya akan ada lagi tahun ini. Tidak berdampak pada keberlangsungan pekerjaan di Kecamatan ini,” tuturnya.

Selain itu, H Slamet Junaidi menerangkan, permasalahan penyediaan air bersih di Kecamatan Robatal sangat terkendala kurangnya pengadaan sumor bor. Kususnya, Desa Bapelle, Torjunan dan Sawah Tengah berharap ini menjadi perhatian Dinas PRKP.

“Robatal memiliki potensi di sektor pertanian yaitu komoditas bentul yang sangat melimpah dan mempunyai cita rasa khas dibandingkan dengan bentul pada umumnya. Dinas pertanian minta memperhatikan keberlanjutan dan pengembangan komoditas bentul itu,” terangnya.

Ia meminta, koordinasi anatara pemerintah Kecamatan dan OPD lebih ditingkatkan agar usulan pembangunan melalui Musrenbang ini dapat terlaksana dan memberi manfaat pada masyarakat.

“Kecamatan Robatal dapat mendorong pencapaian prioritas pembangunan daerah dengan didukung oleh Pemdes setempat melalui dukungan APBDes maupun peningkatan peran BumDes. Selain itu, Musrenbangcam ini menjadi forum untuk mempertajam, menyelaraskan, mengklarifikasi dan mencapai konsensus terkait usulan rencana kegiatan pembangunan desa di integrasikan dengan prioritas pembangunan daerah tingkat kecamatan,” pungkasnya.

Sekedar diketahui, turut hadir Wakil Bupati Sampang H Abdullah Hidayat, Sekdakab Sampang H Yuliadi Setiawan, anggota DPRD Sampang Dapil III Alan Kaisan dan Moh. Iqbal Fathoni, Kepala OPD, Forkopimcam serta Kepala Desa se Kecamatan Robatal. (adi/har)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Klik disini??
Ada Informasi??
Selamat Datang Di regamedianews.com
Silhkan Sampaikan Informasi Anda !!!!